Home / Headline / Herman Deru: Cepat Lambat Pengerjaan Tol Tergantung Masyarakat

Herman Deru: Cepat Lambat Pengerjaan Tol Tergantung Masyarakat

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas jalan tol Muaraenim – Simpang Indralaya dan ruas jalan tol Muaraenim – Lubuk linggau, Selasa (9/4).

Palembang, BP–Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, adanya ruas jalan tol ini merupakan hadiah untuk provinsi Sumatra Selatan. Sebab Presiden RI Joko Widodo menjadikan Sumsel sebagai lokasi proyek strategis nasional, di mana ruas jalan tol ini melintasi sejumlah kabupaten dan kota di Sumsel.

“Mimpi kita jadi kenyataan. Tidak terbayang sekalipun ada ruas tol menjadi pintu keluar masuknya ada di Muaraenim. Ini tentu karena perjuangan tidak dengan tiba-tiba. Kesiapan pemda, dipaparkan pula di kementerian dan BPJT, sehingga keinginan kita terwujud punya tol,” ujar Gubernur dalam sambutannya saat menghadiri Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas jalan tol Muaraenim – Simpang Indralaya dan ruas jalan tol Muaraenim – Lubuk linggau, Selasa (9/4).
Diakuinya, untuk pembangunan jalan tol itu bukan hal yang sederhana karena cukup banyak kesiapan yang dilakukan banyak pihak. Bahkan penganggarannya pun cukup panjang dan berbelit.
“Proyek ini sebentar lagi kita mulai. Tapi jalan cepat kah atau jalan lambatkan tergantung dari masyarakat Muaraenim. Dari keselamatan pekerja, keamanan alat dalam pengerjaan hingga pembebasan lahan pun tergantung dari masyarakat kita sendiri,” terang Herman Deru.
Ia menuturkan, pihaknya meminta apabila sudah ada ruas jalan tol dan memiliki rest area, maka diisi bukan dengan makanan fastfood produk luar negeri. Melainkan diisi dengan UMKM masyarakat Muaraenim, ada banyak kuliner yang bisa ditempatkan di rest area nanti,” tandasnya.
Terkait dengan penetapan lokasi jalan tol, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Muljono menerangkan, agar pemda setempat dapat memberikan masukan dimana diharapkan agar jalan tol ini dapat menghubungkan ruas jalan dengan kawasan industri.
“Tidak ada gunanya tol itu lewat-lewat saja. Harus ada gunanya. Salah satunya dengan menghubungkan jalan tol dengan kawasan industri,” kata Basuki.
Ia mengatakan, penandatanganan ruas jalan tol serupa sudah dilakukan untuk ruas jalan tol Lubuklinggau-Bengkulu. Menurutnya, pengerjaan ruas jalan tol di Lampung dapat menjadi contoh bagi pengerjaan jalan tol lainnya.#nur
Baca:  Herman Deru Minta Doakan Warga Agar Tetap Jadi Gubernur Istiqomah
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bupati Muba Dodi Reza Lantik Tiga Pejabat Eselon II 

Sekayu, BP–Setelah mengikuti tahapan pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Eselon II beberapa waktu lalu, akhirnya Bupati Musi Banyuasin ...