Home / Headline / Peserta Pemilu Run Tak Capai Target, Diduga Kaos 500 Pcs Habis Dibagi-bagikan

Peserta Pemilu Run Tak Capai Target, Diduga Kaos 500 Pcs Habis Dibagi-bagikan Hadiah Sedikit, Kurang Menarik

Inderalaya, BP–Meski sudah mencetak kaos 500 pcs untuk dibagikan secara gratis kepada peserta pemilu run jalan sehat, Minggu (7/4) di Inderalaya, namun jumlah peserta pemilu run kurang dari 100 orang. Bahkan banyak hadir dari kalangan pejabat, asn, dan penyelenggara, sementara dari masyarakat luas sangat kurang. Disinyalir minimnya sosialisasi membuat kegiatan tidak meriah, bahkan hadiah sedikit dan kurang menarik.

Pantauan kegiatan pemilu run yang menggunakan dana APBN senilai Rp75 juta tersebut molor, sedianya dilaksanakan pukul 6.30 wib menjadi pukul 8.30 wib. Kegiatan dibuka langsung Bupati OI H Ilyas Panji Alam. Start dimulai dari Kantor KPU OI Inderalaya, Jalan Guru-guru berakhir juga di Kantor KPU OI. Banyak peserta sudah menunggu lama hingga 2 jam untuk mengikuti kegiatan, yang menghadirkan sepeda, kulkas merek Changhong, dan bingkisan lainnya yang dibungkus kertas kado hitam putih.

Salah satu peserta Pemilu Run Dapid warga Kecamatan Tanjungbatu mengatakan pemilu run KPU OI sepi peminat, bahkan peserta kurang dari 100 orang.

“Mulai sudah molor 2 jam, kami ini sebagai warga tunggu menunggu. Tidak meriah kegiatannya, hadiah sedikit, kalau di KPU Banyuasin hadiahnya motor, ini hanya kulkas kecil. Katanya pakai anggaran APBN harus-nya sama saja seluruh daerah. Selain itu woro woro alias sosialisasinya kurang, bagaimana ini? Saya ini sering ikut lari tapi ya tidak se-sepi ini. Iklan di IG saja baru dipasang hari Kamis lalu, kalau KPU Prabumulih sejak Maret lalu dipasang.

Baca:  Agar Makin Cantik, Teluk Seruo Bakal Makin Ditata

Harusnya melibatkan media lainnya, perbanyak spanduk. Ini juga masukan bagi penyelenggara kegiatan, harusnya peserta run selain ada doorprise juga diberi medali seperti di tempat lain, agar peserta merasa bangga mengikuti kegiatan tidak pulang tangan hampa. Inikan tujuannya untuk meminimalisir golput pada 17 April, kalau sepi bagaimana, “ujarnya

Tak hanya itu warga Inderalaya Ridwan juga mengeluhkan hal yang sama, menurutnya sepi-nya peserta dari masyarakat luas dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak penyelenggara. “snack yang dibagikan kuenya keras, banyak untung ini EO-nya. Harusnya peserta lebih banyak masyarakat luas karena sangat penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Tidak meriah hadiahnya sedikit, tidak seru ini. Katanya cetak kaos gratis banyak tapi mana pesertanya kok minim. Bahkan banyak juga yang tidak kebagian kaos,” jelasnya.

Baca:  Dalami Ilmu Kepemiluan Mahasiswa UIN Raden Fatah Berguru ke KPU Palembang

Salah satu staf KPU OI yang enggan namanya disebutkan mengakui jika kaos yang dibuat sebanyak 500 pcs. “Ya memang cetak 500pcs kaos, harusnya peserta ramai. Tidak tahu soal pembagian kaos, saya dapat juga, mungkin yang tidak kebagian kaosnya habis. Kalau molor saya tidak tahu mengapa?,” katanya.

Anggota Komisioner KPU OI Masjidah mengatakan semua kaos putih bertuliskan KPU Pemilu Run sudah habis dibagikan kepada peserta. “kaosnya sudah habis dibagikan,”ujarnya

Ketua Kegiatan KPU OI Zul menjelaskan bahwa untuk KPU Pemilu Run dananya Rp75 juta, kegiatan dilaksanakan oleh EO Indolima Palembang. Uang tersebut untuk menyiapkan hadiah, soundsistem, orgen, tenda, pernak pernik, kursi, snack dan sebagainya. Kalau kaos diluar itu KPU yang buat. “ya kami berharap kegiatan lancar semua,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU OI Massuryati mengatakan dana kegiatan sosialisasi KPU dilakukan melalui dana APBN No 076 KPU OI. Iapun berharap dengan kegiatan run pemilu dapat memberikan kontribusi kepada kegiatan pemilu.

“Kita mengajak seluruh peserta parpol, calon-calon untuk tetap konsisten mengikuti aturan sesuai dasar hukum pelaksanaan pemilu, dan masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang. Kita ingin tingkat partisipasi melebihi standar nasional 77,5persen, artinya capaian partisipasi hingga 80 persen,” ujarnya.

Baca:  Rekapitulasi Tingkat Provinsi Sumsel Rampung

Bupati OI H Ilyas Panji alam mengatakan dengan acara pemilu run berharap penyelenggara pemilu bekerja dengan baik, dapat mengajak masyarakat berpartisipasi menggunakan hak pilihnya. “Kita tidak henti2nya mensosialisasikan ayo memilih kepada masyarakat, agar tidak golput,” jelasnya.

Terpisah pekerja EO Indolima enggan mengaku kalau dirinya adalah pekerja eo tersebut, bahkan dirinya juga enggan berkomentar saat ditanya soal kegiatan tersebut. Padahal jelas anakbuahnya sendiri mengatakan pria bertubuh tinggi berkacamata dan berkaos hitam tersebut adalah penanggungjawab kegiatan KPU Pemilu Run.

“Saya bukan dari EO Indolima, saya orang sini hanya relawan saja. Kalau Ari tidak masuk hari ini, saya tidak tahu,”kata pria yang diduga kuat adalah pekerja EO Indolima Ari.

Turut hadir Ketua DPRD OI H Endang PU Ishak, Kajari OI Adhytio Gunawan, Ketua KPU OI Masuryati, Sekda H Herman, Ketua TP PKK OI Hj Mely Mustika. #hen

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Beberapa Kemungkinan Untuk Oposisi

Oleh Alip Dian Pratama, M.H (Direktur Eksekutif  Center for Democracy and Civilization Studies) Kita masih menunggu, kira-kira, setelah adanya pertemuan ...