Home / Headline / Atasi PMKS, Pemkab Muaraenim Andalkan 9 Program

Atasi PMKS, Pemkab Muaraenim Andalkan 9 Program

ilustrasi (sindonews)

Muaraenim, BPUntuk menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) diwilayahnya, Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui Dinas Sosial (Dinsos) mengandalkan sembilan program. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinsos Kabupaten Muaraenim Ali Rachman saat membuka rapat koordinasi bidang sosial Kabupaten Muaraenim 2019 yang digelar di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muaraenim, Kamis (4/4).

        “Kesembilan program tersebut telah berjalan sesuai komitmen visi misi Bupati Muara Enim dalam menyelesaikan berbagai persoalan sosial demi peningkatan kesejahteraan rakyat,”kata Ali.
Adapun sembilan program tersebut yakni Program pembinaan dan pemberian bantuan terhadap kelompok usaha bersama (Kube), pemberian bantuan rumah tak layak huni (RTLH),Unit Pelayanan sosial keliling (UPSK) dan pemberian alat bantu bagi penyandang disabilitas.

“Lalu ada juga program pemberian bantuan sarana dan prasarana panti asuhan, Pemberian jaminan kesejahteraan sosial (PKH), bantuan transport orang terlantar, bantuan komunitas terpencil, santunan kematian dan terakhir bantuan langsung tunai atau BLT kepada anak yatim piatu dan duafa,”paparnya
Lebih lanjut, Ali menambahkan Pemkab Muara Enim juga telah mencanangkan berbagai langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sosial,baik dari segi SDM, fasilitas dan sarana serta database sinkronasi program pusat dan daerah.

Fokus permasalahan dalam bidang sosial, kata  diam  adalah penanganan terhadap 26 jenis PMKS, penanganan penyandang harus diselesaikan secara komprehensif dengan upaya terarah, terpadu dan berkelanjutan.

“Karena itu menjalankan program sosial dibutuhkan perencanaan matang, efektif dan transfaran agar program memberi daya yang kuat bagi perubahan masyarakat,
Selain itu, program yang dijalankan juga  harus tepat sasaran pada penyelanggaraan kesejahteraan sosial,” jelasnya.#nur

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Harapkan Puskesmas di Sumsel Harus Aktif Jemput Bola

Palembang, BP Sejak program jaminan kesehatan yakni BPJS diterapkan di Indonesia, masih banyak masyarakat di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ...