Home / Bisnis / Petumbuhan Ekonomi Mura Melambat

Petumbuhan Ekonomi Mura Melambat

Muarabeliti, BP–Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Musi Rawas (Mura) melambat ditahun 2017 lalu. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Mura pertumbuhan ekonomi 5,21 persen. Jumlah ini melambat dibandingkan tahun 2016, 5,41 persen.
Dikatakan Staf Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik, BPS Mura, Heriyani, banyak sebab pertumbuhan ekonomi Mura melambat. Diantaranya pertanian dan industri pengolahan. Jikalau kedua tadi berkembang maka pertumbuhan ekonomi bagus.
” Di Mura penyumbang terbesar pertanian dan industri pengolahan. Kalau keduanya berkembang maka pertumbuhan ekonomi bagus,”katanya, beberapa hari lalu.
Dijelaskannya untuk industri pengolahan ini meliputi biji sawit ke minyak mentah. Artinya harga juga berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi.
“Kalau pertanian menyeluruh,perkebunan, tanaman pangan, perikanan dan lainnya,”ungkapnya.
Dia menambahkan masukan kepada pemerintah daerah supaya pertumbuhan ekonomi tidak melambat, sektor pertaniam harus dikaji lagi. Produk unggulan harus didongkrak lagi.Artinya ada yang kurang tepat sasaran. Sebab penggeraknya pertumbuhan ekonomi bagus ada di pertanian dan industri pengolahan.
“Ada hubungan antara pertanian dengan industri pengolahan,”jelasnya.
Ditanya berpengaruh tidak dengan tingkat kemiskinan? dia mengatakan tidak selalu berdampak dengan kemiskinan. Bisa pertumbuhan ekonomi tinggi tingkat pengangguran tinggi. Artinya tidak selalu berpengaruh.
Masih katanya sebenarnya pertumbuhan ekonomi diangka lima sudah stabil. Karena sulit naik, kalaupun naik ada kegiatan ekonomi.
“Sebenarnya di angka lima sudah stabil. Ada kegiatan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi bisa naik,”pungkasnya. #wan
Baca:  Pangdam II Sriwijaya Tutup TMMD Ke 104 di Kabupaten Muratara
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BPD Prabowo-Sandi Sumsel Kumpulkan Fakta Untuk Bukti Laporan Pihak  Berwajib dan DKPP

#Carut Marut Pileg dan Pilpres di Sumsel  Palembang, BP Carut marut pelaksanaan Pemilihan Legislatif (pileg) dan Pemilihan presiden (Pilpres) di ...