Home / Headline / Orasi Politik Jokowi, Ajak Masyarakat Sumsel Jangan Golput Hingga Tol Trans Sumatera

Orasi Politik Jokowi, Ajak Masyarakat Sumsel Jangan Golput Hingga Tol Trans Sumatera

BP/IST
Jokowi saat kampanye di PSCC Palembang, Selasa (2/4)

Palembang, BP

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengendarai kendaraan hias ketika berkampanye di Palembang, Selasa (2/4).

Jokowi dan istrinya Iriana Joko Widodo diarak menggunakan mobil hias berbentuk kapal Sriwijaya. Ketika melintas di Jalan Radial, Palembang, Jokowi langsung dekati masyarakat yang sejak pagi sudah berkumpul di lokasi tersebut.

Jokowi sempat membagikan kaos berwarna putih di sepanjang jalan dari Transmart Mall menuju Palembang Sport Convention Center (PSCC) . Setiba di PSCC, mantan Walikota Solo itu sudah disambut teriakan massa pendukung dan relawan yang juga berebut swafoto dalam gedung PSCC.

Kedatangan Jokowi disambut dengan iring-iringan karnaval yang meriah dan juga dikawal langsung oleh Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Kabupaten Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin dan Ketua Dewan Penasehat TKD Jokowi-Ma’ruf Provinsi Sumsel H Alex Noerdin.

Dalam orasi politiknya, Jokowi mengajak semua masyarakat untuk tidak golput dalam Pilpres 17 April mendatang.

“Saya sangat berbahagia, siang ini Alhamdulillah bisa berjumpa dengan warga Sumsel dalam kesempatan kampanye terbuka kali ini. Terima kasih atas penyambutannya warga Sumsel,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan, agar masyarakat Sumsel untuk datang ke TPS mengenakan baju putih pada 17 April mendatang.

“Jangan lupa 17 April ke TPS pakai baju putih, karena yang dipilih pakai baju putih,” katanya.

Baca:  Pemasangan Kawat Sepanjang Jalan Menuju Kantor KPU Sumsel Diprotes

Jokowi mengatakan, pileg dan pilpres tahun ini menghabiskan anggaran yang tak sedikit yaitu, Rp 25 triliun.

“Oleh sebab itu, saya ingin mengajak agar kita beritahu handai taulan, tetangga, saudara untuk datang ke TPS menggunakan hak suara,” katanya.

Jokowi juga mengatakan,  jika pertahanan Indonesia cukup kuat dan akan kembali ditambah kekuatannya jika terpilih kembali. Dia menjelaskan kekuatan TNI berada di peringkat pertama dibanding negara negara Asean dan nomor 15 besar dunia.

“Kita harus punya kekuatan yang besar, TNI kita harus besar. TNI juga sudah menjaga kedaulatan NKRI lebih 70 tahun,” katanya.

“Jangan ada menjelek-jelekan TNI kita atau meremehkan TNI. Kemarin ada yang meremehkan TNI kita, perlu saya sampaikan kalau kekuatan TNI kita nomor satu di Asean dan 15 besar di dunia,” katanya.

Selain itu Jokowi juga menyinggung pembangunan infrastruktur di Sumatera yang banyak mengalami kemajuan. Salah satu contoh pada bulan Juni 2019, Jokowi memastikan jalan tol trans Sumatera dari Bakauheuni sudah tersambung ke Palembang.

Tol trans Sumatera yang menghubungkan dari Aceh sampai Lampung dijanjikan oleh calon Presiden nomor urut 01 ini  akan terhubung pada 2024.

Jokowi mengatakan, pada bulan Juni 2019 nanti tol Terbanggi Besar- Bakauheni Lampung akan diresmikan. Tol tersebut juga tersambung ke Palembang.

Baca:  Aswandi Asgap Serampoe Dan Firasgo Jaya Santika Jadi Anggota DPRD Sumsel PAW

“Juni nanti saya sendiri yang meresmikan tol Terbanggi. Berikutnya 2024 tol dari Aceh sampai Lampung sudah terhubung,” kata Jokowi.

Pembangunan infrastruktur tersebut menurut Jokowi akan memberikan harapan baru kepada masyarakat.

Dimana bisa tersambung antar satu wilayah dan wilayah lain, sehingga mobilitas orang dan barang lebih cepat lebih murah dan lebih baik.

“Kita harus optimis, jangan pesimistis. Yang tidak setuju dengan pembangunan jalan tol ini silahkan maju,” ujarnya.

Menuju 15 hari menjelang hari pemungutan suara, Jokowi menitipkan pesan agar masyarakat menjaga persatuan. Masyarakat diminta untuk menangkal isu dan kabar hoax.

“Seperti ada isu jika saya terpilih pendidikan agama akan dihapuskan, menikah sejenis legal, azan akan dilarang. Tolong diluruskan kabar hoax itu. Itu fitnah yang menyesatkan, tolong dibantu meluruskan. Karena hasil survei 9 juta masyarakat percaya pada isu-isu tadi. Tolong direspon, diluruskan,” katanya

Sementara itu, H  Dodi Reza Alex  selaku Ketua Dewan Penasehat TKD Muba Jokowi-Ma’ruf Amin, mengatakan saat ini Sumsel khususnya di Muba sangat menjaga kondusifitas terlebih sebentar lagi masyarakat akan dihadapkan pada pelaksanaan Pemilu yakni Pilpres dan Pileg secara serentak.

“Prinsipnya kita jaga bersama-sama kondusifitas ini, jaga kedamaian dan keamanan di Indonesia,” kata Dodi.

Sementara itu, acara kampanye calon Presiden nomor urut 01 itu hanya berlangsung singkat. Sekitar pukul 12.00 , Jokowi tiba di lokasi Kampanye.  Ia pun memberikan orasi kampanye di depan ribuan massa, sekitar pukul 12.53, kampanye pun selesai.

Baca:  PT Pelindo II Bangun Sumur Bor di Air Itam Gandeng ACT

Sebelum kedatangan capres nomor urut 01 Joko Widodo massa  pendukung yang hadir di Gedung Palembang Sports & Convention Center (PSCC) sempat dihibur penampilan penyanyi Virgoun,

Lagu-lagu yang dibawakan Virgoun cukup membuat massa yang hadir terhibur dan menyanyi bersama.

Setelah itu giliran Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding menyampaikan orasi dihadapan pendukung Jokowi.

Dia bercerita perjalanan Jokowi ke sejumlah daerah dari Makassar, Papua, Papua Barat sampai ke  Palembang siang ini. Dilanjutkannya keberhasilan dalam pembangunan infrastruktur dan kesuksesan Asian Games 2018 di Palembang.

“Seingat saya pak Jokowi itu sudah empat kali datang ke Sumatera Selatan sejak September lalu,” katanya.

Bahkan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu  mengatakan Jokowi sangat banyak berkontribusi kepada Sumatera Selatan. Dimulai pemabangunan infrastruktur di Sumsel, kesuksesan Asian Games di Palembang hingga perhatian Jokowi terhadap putra daerah terbaik seperti mengangkat Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Jenderal Tito siapa yang tidak kenal dengan Jenderal Tito. Menteri Budi Karya semuanya itu putra daerah terbaik dan inilah salah satu kepedulian pak Jokowi terhadap Sumsel,”  katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

431 Jamaah Haji Kloter 5 Tiba di Baturaja

Baturaja, BP — Sebanyak 431 dari 432 jamaah haji asal Kabupaten OKU yang tergabung dalam Kloter 5 hari ini tiba ...