Home / Headline / Lembaga Survey Hanya Predator Demokrasi

Lembaga Survey Hanya Predator Demokrasi

Maruarar Sirait

Jakarta, BP— Anggota DPR RI FPDIP Maruarar Sirait mengatakan, semua hasil survei  tergantung pada rekam jejak lembaga survei itu sendiri. Kejujuran dan profesionalisme lembaga survei menjadi taruhan kepada masyarakat serta ditentukan oleh kompetensi

“Sama dengan dokter, kalau orang itu sakit, ya tak bisa dibilang sehat,” ujar Maruarar di ruangan wartawan DPR Jakarta, Kamis (21/3).

Baca:  Golkar Galang Koalisi Besar Untuk Jokowi di Pilpres 2019

Banyaknya lembaga survei yang menempatkan pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf mengungguli pasangan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, kata Maruarar, itulah realita, bukan rekayasa.  “Masing-masing mempunyai strategi untuk menang dan masyarakat udah cerdas memilih. Namun demikian, kita tetap bersatu, bersaudara jelang  dan sesudah pemilu,” kata Maruarar.

Wakil Ketua DPR  Fadli Zon menyatakan, tidak percaya dengan hasil survei, karena sering berbeda dengan kondisi masyarakat sesungguhnya. Apalagi, lembaga survei sekaligus menjadi konsultan politik. “Sehingga lembaga survei hanya menjadi predator demokrasi dan alat provoganda politik,” tutur Fadli.

Baca:  DPR Dorong Pemerintah Segera Buat PP Menyusul Pengesahan RUU Terorisme

Direktur SMRC Sirojuddin Abbas menegaskan, idealnya  lembaga survei  harus dilakukan secara akademik. Sehingga kredibilitas survei bisa dipertanggungjawabkan.

Dikatakan, kredibilitas lembaga survey akan baik kalau reputasi dan  dikerjakan  dengan baik, memiliki sumber daya manusia (SDM) profesional, jujur dalam presentasi dan runutan survei yang disampaikan ke masyarakat harus jelas.

“Proses dan metodologinya harus jelas, karena tidak cukup hanya dengan statistik agar masyarakat tidak bingung. Berbeda dengan survei internal karena tak bisa diverifikasi, hanya hasilnya yang dipublis. Sehingga tak menggambarkan realitas, tapi opini,” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pencuri di Rumah Kosong Babak Belur Dihajar Massa

Palembang, BP–Joni Nasudin (43), warga Komplek Sasana Patra, Plaju, Palembang babak belur dihajar massa, usai tepergok mencuri di rumah yang ...