Home / Headline / 6 Kelurahan Di Palembang Bersaing dalam Lomba Penilaian Kelurahan

6 Kelurahan Di Palembang Bersaing dalam Lomba Penilaian Kelurahan

BP/IST
Anggota tim penilai atau juri dari Dinas Koperasi dan UKM Palembang

Palembang, BP

Lomba Penilaian kelurahan dan 10 program PKK Kota Palembang Tahun 2019, menyisahkan 6 Kelurahan. Diantaranya Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati yang masuk 6 besar.

Ada berbagai aspek menjadi penilaian tim juri, hingga bisa meloloskan 6 Kelurahan tersebut masuk 6 besar. Diantaranya, kesehatan, pendidikan, usaha kerakyatan atau usaha kecil menengah (UKM) dan lainnya.

Anggota tim penilai atau juri dari Dinas Koperasi dan UKM Palembang, M Ilyas mengatakan, jumlah peserta lomba terdiri 18 Kelurahan dari 18 Kecamatan di Kota Palembang.

18 Kelurahan itu merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Kecamatan di masing-masing Kelurahan, sehingga muncullah satu perwakilan dari setiap Kecamatan.

“Tim juri terdiri dari banyak dinas, kami khusus melakukan penilaian dibidangnya koperasi dan UKM. Kami lihat Kelurahan Keramasan, pembinaan terhadap UKM baik begitu juga dorongan untuk meningkatkan produksinya, disini ada kerajinan songket, tenun, manik-manik dan lainnya. Pemenang lomba ini nantinya akan diumumkan secara terbuka dalam kegiatan kota Palembang, proses penjurian masih menyisahkan 2 hati kedepan,” katanya, usai melakukan penjurian di Kelurahan Keramasan, Rabu (20/3).

Baca:  Arkeolog Dari Luar Sumsel Teliti Penemuan Kemudi Kayu Kuno Dari Sungai Musi

Camat Kertapati, Dwi Yudiansyah mengatakan, potensi yang ada di Kelurahan Keramasan sangat banyak. Terutama soal wisata sungai atau lomba Bidar Mini yang rutin dilakukan setiap tahun. Bahkan, sudah masuk agenda tahunan Pemkot Palembang.

“Keunggulan Kelurahan Keramasan ini adalah sungainya melalui lomba Bidar Mini, dan tentunya tidak dimiliki tempat lain. Sudah wajar Kelurahan Keramasan masuk 6 besar,” katanya.

Untuk terus mendorong dan mengembangkan wisata sungai dan kerajinan daerah, pihak Kecamatan akan melakukan dukungan penuh dan pasilitasi apa saja yang menjadi kebutuhannya.

Baca:  Dua Arkeolog Dari Balar Sumsel Tampil Di Kongres ke -21 IPPA, Vietnam

“Alhamdulillah Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati bisa masuk 6 besar lomba kelurahan. Tentu ini membanggakan, jadi tidak ada lagi anggapan kelurahan ini dipinggirkan, secara pribadi nanti saya akan berikan bonus bagi kelurahan Keramasan yang sudah mengharumkan nama Kecamatan Kertapati,” ujarnya.

Lurah Keramasan Nazaruddin, berharap, dengan adanya lomba ini, dapat meningkatkan kinerja pegawai dilingkungan kelurahan dan sekaligus menjadi motivasi bagi semua kelurahan di kota Palembang.

“Dengan adanya lomba ini, Lurah dituntut untuk selalu berinovasi dan meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Saya ucapkan terima kasih kepada Kecamatan Kertapati yang mendukung penuh dan Pemkot Palembang yang mempercayakan kami masuk 6 besar dalam lomba ini, tentu kami siap melaksanakan semua program pemerintah, baik pusat, provinsi maupun Pemkot Palembang guna terwujudnya Palembang Emas Darussalam 2023,” katanya.

Baca:  Kedai Kopi 8 Dempo, Tempat Minum Kopi Yang Aman Untuk Lambung

Tokoh masyarakat sekitar yang juga wakil rakyat yang duduk di DPRD Palembang, Zainal Abidin, mengatakan, ia sangat mengapresiasi keberhasilan Kelurahan Keramasan, dalam mengembangkan potensi yang ada diwilayahnya .

“Ia berharap kedepan, semua Kelurahan di Palembang bisa mengembangkan potensi diwilayahnya masing-masing. Sehingga perekonomian rakyat meningkat,” katanya.

Pria yang kembali maju sebagai caleg DPRD kota Palembang 2019 dapil 6 Nomor urut 1 dari partai Demokrat ini menambahkan, akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Apalagi terkait pengembangan potensi wilayahnya. Seperti di Kelurahan Keramasan yang terkenal dengan sungainya dan sering diadakan lomba Bidar Mini.

“Akan dorong dan salurkan semua potensi yang ada. Sehingga ekonomi rakyat bisa lebih meningkat dan akhirnya rakyat bisa sejahtera, itu merupakan cita-cita kita bersama,” pungkasnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Zaskia Gotik Meriahkan  Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat di Lanud SMH Palembang

Palembang, BP PANGKALAN TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Helambang (SMH) Palembang, menggelar acara Panggung Prajurit dan pesta rakyat yang dikemas ...