Home / Headline / Tujuh Pesawat JAT Atraksi di Langit Palembang

Tujuh Pesawat JAT Atraksi di Langit Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Tujuh unit pesawat dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI AU melakukan atraksi di langit kota  Palembang, Rabu (20/3).

Palembang, BP

 Tujuh unit pesawat dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI AU melakukan atraksi di langit kota  Palembang, Rabu (20/3).

Aksi ini pun berhasil mengundang antusias ratusan masyarakat untuk dapat menyaksikan maneuver JAT lebih dekat. Seperti formasi arrow head, leader benefit, full head, dan lainnya di bandara Talang Betutu, Palembang.

Team aerobik melakukan atraksi sebelum berangkat mengikuti event Internasional di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2019 di Malaysia. Suara gemuruh terdengar saat tim jupiter terbang membentuk formasi arrow head, leader benefit dan full head.

Baca:  Pemkot Dinilai "Dikangkangi Perda

“Ini persiapan kami ke Langkawi, sejak awal tahun udah persiapan dan hari ini kami persiapan berangkat. Ya pertama kali kami melakukan ini di Palembang,” kata leader flight pesawat JAT, Letkol Pnb Marcell, Rabu (20/3).

Selain di Lanud Sri Mulyono Herlambang, the jupiter sempat meliuk-liuk atraksi di atas Jembatan Ampera dan Jakabaring Sport City. Ketiga lokasi ini dipilih karena menjadi icon Kota Pempek.

“Formasi arrow head, leader benefit dan full head. Sebelum di SMH kami sempat beratraksi di 2 lokasi, Jembatan Ampera dan Jakabaring sebagai icon kota,” kata Marcell.

Dikatakan Marcell, pesawat berangkat dari Jogja dan transit di bandara Halim Perdana Kusuma. Selanjutnya seluruh tim berangkat menuju Palembang dan melakukan atraksi.

Baca:  Penambahan Anggaran Jembatan Musi IV dan VI Belum di Bahas DPRD Sumsel

“Ini hanya sebagian kecil yang akan kami tampilkan di Langkawi, nanti di sana ada 15 formasi yang ditampilkan. Untuk saat ini masih latihan karena tadi terbang dari halim ke Palembang sekitar 1 jam lebih,” katanya.

Marcell yang sudah memiliki 5.500 lebih jam terbang ini mengaku ada tantangan tersendiri. Terutama saat berlatih di atas perbukitan dan pantai.

“Ya semua sudah pernah kami coba, baik di perbukitan, pantai dan hari ini pun kita bersyukur langit cukup cerah. Kami siap untuk berangkat ke Langkawi,” tutupnya.

Baca:  Lokasi Sasaran Fisik TMMD Ke 104  Kodim 0418 Palembang Bagaikan Tempat Off Road

Sementara, Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kol Pnb Heri Sutrisno, mengatakan, tidak hanya pertunjukan aerobatik, pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan dalam rangkaian Bulan Dirgantara seperti lomba fotografi, atraksi aeromodeliing,static show dan pameran kedirgantaraan.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk menumbuhkan cinta masyarakat kepada TNI AU. Alhamdulillah Tim JAT ini bisa mampir ke Palembang sekaligus memberikan hiburan untuk warga,” imbuh Danlanud.

Setelah di Palembang, Tim JAT akan bertolak ke Medan sebelum menuju Langkawi. Tim JAT membawa 7 unit pesawat dengan 14 anggota tim penerbang dan 42 kru dan 7 personel pendukung. JAT sendiri sudah cukup dikenal di berbagai event nasional maupun internasional, selain di Langkawi, mereka juga pernah tampil di Singapura, Thailand, hingga Brunei.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Zaskia Gotik Meriahkan  Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat di Lanud SMH Palembang

Palembang, BP PANGKALAN TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Helambang (SMH) Palembang, menggelar acara Panggung Prajurit dan pesta rakyat yang dikemas ...