Home / Headline / RUU SDA Prioritaskan Penggunaan Air

RUU SDA Prioritaskan Penggunaan Air

Intan Fitriana Fauzi

Jakarta, BP–Anggota Komisi V DPR RI Intan Fitriana Fauzi menegaskan,  pembahasan RUU Sumber Daya Air (SDA) oleh DPR dan pemerintah tetap memprioritaskan penggunaan air untuk rakyat. Pengelolaan dan penggunaan air itu berbeda.

“RUU SDA  dibahas Kemendagri, Kemenkumham, Lingkungan Hidup, Kementerian ESDM, dan Kementerian PUPR. Kerjasama itu karena banyak masalah terkait pengelolaan air,” ujar Intan Fitriana di ruangan wartawan DPR Jakarta, Selasa (19/3).

Baca:  Akademisi USU Usulkan Cak Imin Cawapres

Menurut Intan, RUU tersebut  terdiri dari 381 ayat, 68 bab, dan  71 pasal yang mengatur secara umum tentang pengelolaa air. Detilnya aturan itu sejalan dengan otonomi daerah, semua diserahkan kepada BUMN dan BUMD. “Jadi, pemerintah daerah yang berwenang mengelola air. Baik untuk mencuci, minum, pertanian, industri, bisnis dan juga oleh perusahaan,” tuturnya.

Baca:  Sumpah Pemuda Bukti Generasi Muda Telah Memahami Arti Persatuan

Semua pengelolaan air tersebut kata dia, harus mengutamakan kepentingan rakyat, dan negara harus hadir di situ. Ketika ada pengelolaan air oleh perusahaan, hal itu dimaksudkan  agar pertumbuhan ekonomi di daerah berkembang.Namun, ijinnya sangat ketat.

Pengamat Air Mohamad Mova Al Afghani menyebutkan,  pengelolaan air sangat penting akan tetapi dilarang untuk didistribusikan. Sebab, masyarakat yang masih membuang tinja (air besar) secara sembarangan seperti di kali, kubangan dan  mencapai 30 juta orang.

Baca:  Masyarakat Diminta Kawal Penataan Gedung DPR

“Pemerintah harus mengutamakan air minum, mandi, mencuci dan pertanian. Jika kebutuhan pokok air belum bisa terpenuhi, tak boleh didistribusikan untuk industri. Apalagi jumlah air bersih sangat terbatas,” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dua Begal Ditembak Polisi

Palembang, BP Jajaran Reskrim Polresta melalui tim Tekab 134 Polresta menembak dua pelaku begal, Kamis (27/6). Sandi Arifin (24) diringkus ...