Home / Headline / DPRD Palembang Sayangkan Pemakaman Tionghoa Talang Kerikil Dipenuhi Sampah

DPRD Palembang Sayangkan Pemakaman Tionghoa Talang Kerikil Dipenuhi Sampah

BP/IST
Anggota DPRD Palembang Hardi Sayangkan Pemakaman Tionghoa Talang Kerikil Dipenuhi Sampah

Palembang, BP 

Banyaknya laporan masyarakat, terkait pemakaman Tionghoa dipenuhi sampah, yang beralamat di Jalan Talang Kerikil, Kenten Sako Palembang, langsung ditanggapi oleh DPRD Palembang dengan cara turun langsung kelokasi, Selasa (19/3).
“Berdasarkan laporan masyarakat, dilokasi pemakaman Tionghoa dipenuhi sampah, ketika saya cek, memang benar. Banyak sampah berserakan dilokasi. Bahkan, sampah juga ada diatas pemakaman,” kata Hardi yang merupakan  Anggota Komisi III DPRD Palembang.
Ia mengaku, atas temuan itu, ia langsung berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup dan kebersihan kota (DLHK) Palembang, dan langsung ditindaklanjuti dibantu warga.
Namun, ia berharap DLHK Palembang bersama pihak UPTD, kelurahan maupun Kecamatan harus rutin melakukan sosialisasi pada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.
Apalagi, sebentar lagi dilokasi pemakaman Talang Kerikil akan dilakukan Ceng Beng 2019 atau ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kubur sekaligus penghormatan bagi leluhur.
“Sebentar lagi, tepatnya 5 April akan dilaksanakan Ceng Beng 2019. Kami minta DLHK Palembang memaksimalkan kinerjanya agar pemakaman jadi perhatian serius. Bayangkan saja, lokasi pemakaman Tionghoa ini jadi tempat pembuangan sampah sembarangan dengan jumlah besar. Kami minta ini jadi perhatian serius, tegakkan Perda Palembang , karena kita sudah ada perda khusus apabila ada warga kedapatan membuang sampah sembarangan, ada sangsi pidana dan denda berupa uang,” kata Hardi.
Pria keturunan Tionghoa pertama yang duduk di kursi DPRD Palembang ini menambahkan, dalam acara Ceng Beng tersebut, nantinya tidak hanya diikuti oleh warga lokal saja, tapi banyak juga dari daerah lain di Indonesia. Bahkan, dari luar negeri.
“Ceng Beng ini merupakan kegiatan rutin warga Tionghoa, jadi nanti warga Tionghoa akan berkumpul di pemakaman talang kerikil, tentu hal ini juga menjadi pemasukan daerah,” kata Hardi. #osk
Baca:  Awasi TPS Pemilu 2019, Bawaslu Sumsel Rekrut 25.320 PTPS
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

BPD Prabowo-Sandi Sumsel Kumpulkan Fakta Untuk Bukti Laporan Pihak  Berwajib dan DKPP

#Carut Marut Pileg dan Pilpres di Sumsel  Palembang, BP Carut marut pelaksanaan Pemilihan Legislatif (pileg) dan Pemilihan presiden (Pilpres) di ...