Home / Headline / DPRD Sumsel Tuding Pemprov Sumsel Tak Ada Niat Baik Selesaikan Raperda RPJMD Sumsel 2018-2023

DPRD Sumsel Tuding Pemprov Sumsel Tak Ada Niat Baik Selesaikan Raperda RPJMD Sumsel 2018-2023

BP/DUDY OSKANDAR
Ketua Pansus IV Raperda RPJMD Sumsel 2018-2023 yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH

Anita Noeringhati :  Kuat-Kuatan, Ayo……

 

Palembang, BP

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumsel 2018-2023 yang dilakukan Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Sumsel dengan Pemprov Sumsel makin tidak jelas arahnya, apakah akan selesai atau tidak.

Ketua Pansus IV Raperda RPJMD Sumsel 2018-2023 yang juga Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel Hj RA Anita Noeringhati SH MH menilai hal ini disebabkan raperda RPMJMD ini baru dimasukkan ke DPRD Sumsel untuk di bahas tanggal 21  Januari 2019 sehingga waktunya sudah terlambat di bahas di DPRD Sumsel.

Baca:  Masyarakat Harus Laporkan Potensi Cagar Budaya Yang Belum Terdata

“Itu dihitung enam bulan setelah dilantik sudah harus disahkan di evaluasi oleh Kemendagri, lima bulan itu sudah disahkan di DPRD, nah tinggal  hitung jalan mundur saja,” katanya, Senin (18/3).

Untuk menyelesaikan masalah ini, menurut Anita tinggal kemauan dari Pemprov Sumsel.

“ Kalau mereka bisa merevisi, mengalokasikan, mensinergikan  antara DPRD dengan Pemprov Sumsel dalam satu pemahaman penyelenggaran pemerintahan di daerah , aku rasa tidak lama, kita bisa kebut untuk mensinergikan itu,” katanya.

Namun  hingga kini menurutnya, belum ada niat baik Pemprov Sumsel untuk menyelesaikan permasalahan masalah ini secara baik-baik.

Baca:  Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Timbun Jalan Penghubung Pulokerto

“ Yang sudah kita apa adanya saja, tidak ada komunikasi, kuat-kuatan ayo, sesuai aturan saja,” katanya.

Dalam pembahasan RPJMD , Senin (18/3) menurut Anita yang dibahas  masalah BPBD dan Dinas Kesehatan.

“BPBD Sudah menjabarkan RPJMD melalui renstranya , aku minta dijabarkan di renjanya, seperti apa, mereka mengatakan belum, karena dukungan anggaran baru 0, sekian, sehingga target sasaran tidak bisa tercapai, logikanya seperti itu,, Dinas Kesehatan seperti itu juga ,” katanya.

Pihaknya mengharapkan target tahun pertama itu jangan memberatkan OPD bersangkutan.

“ Dia cuma dikasih sangu sampai ke Kayu Agung tapi disuruh sampai ke Lahat, misalkan, suruh jalan kaki , enggak mungkin , secara logikanya seperti itu,  saya pikir rencana jangka menengah  ini dia harus rasional saja,” katanya.

Baca:  Bantuan Hukum Gratis Bakal di Hidupkan Kembali

Seperti di awal tahun, politisi Partai Golkar ini mencontohkan untuk jaminan kesehatan, Sumsel punya perda  hanya mencapai 56, sekian persen , 56, 5 persen dengan anggaran 9,7 persen, sekarang anggaran hanya 4,7 persen dia bisa mentargetkan 95 persen dan itu dinilai menghayal.

“ Kita akan rasionalisasikan , coba buat yang serasional mungkin, okelah tahun pertama kita rasional, kita punya proyeksi tapi jangan terlalu jauh dong, kalau proyeksi itu harus ada,” katanya.

Anita mempertanyakan anggota Komisi IV yang tidak hadir saat rapat pembahasan RPJMD tersebut.

“Yang hadir di rapat RPJMD itu aku, Robi Puruhita  sama Pak Yayul,” katanya.#osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Zaskia Gotik Meriahkan  Panggung Prajurit dan Pesta Rakyat di Lanud SMH Palembang

Palembang, BP PANGKALAN TNI Angkatan Udara Sri Mulyono Helambang (SMH) Palembang, menggelar acara Panggung Prajurit dan pesta rakyat yang dikemas ...