Home / Headline / Samakan Persepsi Melalui Sentra Gakkumdu Pemilu

Samakan Persepsi Melalui Sentra Gakkumdu Pemilu

Palembang, BP

 

Untuk menyamakan Persepsi, Sentra Penegakan Hukum Terpadu antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polri dan Kejaksaan gelar Rapat Koordinasi di Hotel Horison Ultima Palembang, Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15-17 Maret 2019. Hadir dalam pembukaan rakor tersebut Anggota Bawalu RI ibu Dr Ratna Dewi Pettalolo SH MH, ketua dan anggota Komisioner Bawaslu Sumsel, anggota sentra Gakkumdu RI, Unsur kejaksaan serta tamu undangan lainnya.

 

Diharapkan dengan Rakor ini akan terbangun komunikasi yang baik antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Peserta merupakan unsur penyidik, unsur penuntut umum yang berjumlah lebih kurang 250 orang.

Baca:  Dandrem 044 /Gapo Razia Tentara Gendut

 

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto ST MM mengatakan, rakor ini membawa misi untuk membangun kerjasama serta optimalisasi koordinasi antara Bawaslu, Polri dan Kejaksaan dalam penegakan hukum proses pemilu pada pelaksanaan Pemilu 2019. Menurutnya, pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilu terpadu sangat penting demi mewujudkan penegakan hukum tindak pidana pemilu sesuai prinsip peradilan yang cepat, sederhana, serta tidak memihak.

Baca:  Sumsel Peringkat 7 Dalam Transaksi Mencurigakan

 

“Alhamdulillah untuk provinsi Sumsel tercatat rendah pelanggaran pidana baik pada pemilu 2014 yang lalu, sedangkan pada Pilkada Serentak 2018 hanya terdapat 1 pelanggaran yang Inkracht. Mudah-mudahan Pemilu 2019 ini akan minim pelanggaran pidana pemilu,” ujar Iin, Sabtu (15/3) usai pembukaan acara di Hotel Horison Ultima Palembang.

 

Sementara itu, anggota Bawaslu RI Dr Ratna Dewi Petalolo SH MH mengatakan hingga saat ini data riil pelanggaran RI sebanyak 6.455 pelanggaran, dari total pelanggaran tersebut ada 555 pelanggaran tindak pidana pemilu, untuk provinsi Sumsel tidak termasuk 5 besar daerah yang memiliki temuan pelanggaran terbanyak.

Baca:  Pertandingan Volley Ball TMMD Ke 104 Kodim 0418 Palembang Berlangsung Seru

 

“Kita tinggal 32 hari menuju Pemilu 2019, tahapan pemungutan suara adalah puncak dari seluruh tahapan pemilu. Diharapkan seluruh unsur Bawaslu benar-benar melakukan pengawasan dan pencegahan, serta bertindak netral untuk tidak memihak, sehingga pemilu 2019 ini akan benar-benar berlangsung dengan baik dalam rangka memilih pemimpin-pemimpin yang berkualitas,” ujar Ratna Dewi.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Publik di Sumsel Perlu di Optimalkan

  Palembang, BP Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Tentang Pengelolaan Pelayanan ...