Home / Headline / Dubes Ethiopia Tertarik Tingkatkan Investasi di Indonesia

Dubes Ethiopia Tertarik Tingkatkan Investasi di Indonesia

Anggota DPR Anton Sihombing sedang menerima plakat dari Dubes Eutopia.

Jakarta, BP–Anggota Komisi IV DPR, Anton Sihombing menerima   Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia, Admasu Tsegaye  di  Gedung DPR, Jumat (15/3). Dubes  Tsegaye didampingi  sejumlah staf Kedubes negara itu mengakui tertarik meningkatkan investasi dan hubungan perdagangan terutama pertanian di Indonesia.

Menurut Anton, kunjungan Dubes merupakan tahap penjajakan untuk  ditindaklanjuti dengan kunjungan delegasi pemerintah dan pengusaha Ethiopia dalam jumlah  lebih besar. Mereka akan bertemu dengan Komisi IV yang menangani masalah pertanian dan Komisi VI yang mengurus soal perdagangan di DPR sekitar Mei 2019.

Baca:  Partisipasi Politik Masyarakat Ukuran Negara Demokrasi

Anton mengatakan,  Pemerintah Ethiopia menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil akan menjadi peluang yang baik bagi pengusaha dari negara Afrika  untuk menjalin kerjasama investasi dan perdagangan.

Salah satu komoditas unggulan yang bisa diimpor dari Ethiopia lanjut Anton, adalah kedelai yang sering mengalami kelangkaan di Indionesia. Diakui  selama ini Indonesia sangat bergantung pada impor kedelai dari Amerika Serikat.

Baca:  Kebijakan Presiden AS Langgar HAM

Terjalinnya hubungan dagang kedua negara kata  Anton,    Indonesia  memiliki alternatif impor dari Ethiopia yang memeliki lahan pertanian kedelai  cukup luas. Anton pun menilai para importir Indonesia yang tergabung dalam Gabangan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) siap  menyambut kerjasama tersebut.

“Dengan adanya impor kedelai dari Ethiopia, kita  tak lagi impor dari Amerika Serikat. Mereka punya lahan kedelai  cukup luas,” jelasnya.

Baca:  Gagal Di Pilgub Sumsel, Ishak Maju Di DPR RI

Anton menambahkan,  pihaknya siap menyambut peluang kerjasama perdagangan itu. Apalagi,  seluruh pelabuhan di Indonesia sudah siap memfasilitasi kegiatan perdagangan. “ Komisi IV DPR akan melakukan kunjungan kerja ke negara itu untuk menindaklanjuti pernyataan Admasu Tsegaye,” tuturnya.

Tsegaye menyebut  banyak bidang yang bisa dikerjasamakan dengan Indonesia mengingat kedua negara saling membutuhkan. Dia optimistis kerjasama perdagangan produk pertanian mampu meningkat nilai perdagangan kedua negara. Untuk itu pihaknya juga akan menjajaki kemungkinan kerjasama di bidang lain.#duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

FGD Rembuk Aktivis Se-Sumsel  Bahas Kisah Lama Hingga Aktivis Menjadi Pejabat

Palembang, BP   Focus Group Discussion (FGD) acara Rembuk Aktivis se Sumsel di hotel Benston berlangsung seru, Kamis (19/9). Berbagai ...