Home / Headline / Anggota MPR: Tidak Paham Pancasila, Moral Menipis

Anggota MPR: Tidak Paham Pancasila, Moral Menipis

Ahmad Muqowam

Jakarta, BP–Anggota MPR Ahmad Muqowam mengatakan, nilai-nilai moral dan etika menjelang  pilpres serta pileg 2019 kian menipis. Untuk memperbaiki hal tersebut dibutuhkan kesadaran bersama mulai dari rakyat, politisi dan pimpinan berbagai kalangan.

“Saat ini bukan hanya elit politik yang tidak beretika, namun rakyat juga.   Bayangkan,  rakyat sudah berpikiran bahwa  caleg tak akan dipilih jika tak memberikan  uang atau imbalan lain. Padahal, yang menerima dan memberi uang sama-sama melanggar hukum serta tidak beretika,” ujar Muqowam di ruangan wartawan DPR Jakarta, Senin (11/3).

Baca:  Silang Pendapat Soal SARA Harus Sudah Selesai

Menurut  Muqowam,  menipismya etika serta moral rakyat dan politisi lantaran  ketidakpahaman mereka  terhadap Pancasila dan tujuan berpolitik. Sehingga dalam kontestasi politik menghalalkan segala cara, termasuk menebar berita bohong dan memfitnah.

Jhonny G Plate mengaku  sangat prihatin dengan kondisi politik saat ini. Soalnya, ruang publik  jelang  pilpres  serta pileg dipenuhi dengan informasi hoaks. Padahal semua memahami jika hoaks, fitnah  merugikan dan membodohi masyarakat sendiri. “Mestinya pertarungan untuk memperebutkan kursi presiden dilakukan dengan elegan mengadu gagasan atau program.  Bukan menebar berita bohong apalagi menghujat,” jelas politisi Partai Nasdem tersebut.

Baca:  Pemerintah Perlu Inventarisir TKI yang Bakal Dieksekusi Mati

Pakar Politik, Irfan Aulia mengatakan, masyarakat  memilih karena merasa satu partai, sama sama memiliki   bobot. Hanya emosi pemilih saja  yang berbeda. “Nah, emosi itu bisa menyatukan dan sebaliknya bisa memecah-belah bangsa. Untuk itu ribuan hoaks bermunculan. Sehingga tinggal bagaimana para elit mengelola emosi yang positif, bukan  yang negatif,” paparnya. #duk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Merampok Guru Dengan Modus Pura-pura Menolong, Dua Bandit Diciduk di Rumah

Kayuagung, BP–Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kayuagung Polres Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil menangkap dua orang dari enam pelaku pencurian bermodus ...