Home / Palembang / Tidak Bisa Berobat di Klinik, Peserta Seruduk BPJS Kesehatan

Tidak Bisa Berobat di Klinik, Peserta Seruduk BPJS Kesehatan

Palembang, BP — Setelah mengurus pindah Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat pertama dari puskesmas ke klinik sejak November lalu, hingga Maret ini proses itu belum kunjung terselesaikan. Alhasil, puluhan peserta BPJS Kesehatan ini tidak bisa berobat.

Salah satu peserta BPJS Kesehatan, Desi Susanti mengatakan, sebelumnya dirinya bersama puluhan peserta lainnya terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan layanan Faskes tingkat pertamanya di Puskesmas Padang Selasa.

“Kami pindah dari Puskesmas Padang Selasa ke Klinik Fatmawati sejak akhir November, tetapi saat berobat di klinik tersebut kami ini tidak terdaftar,” katanya saat mendatangi Kantor BPJS Kesehatan di Jalan R Soekamto, Senin (4/3/2019).

Baca:  Dedi Kelimpungan Terbelit Utang BPJS

Menurutnya, alasan pindah tersebut lantaran pelayanan di puskesmas tidak sampai malam hari. Sementara di klinik pelayanan bisa sampai malam hari bahkan 24 jam. Pihaknya mengeluhkan ketidakmaksimalan pelayanan yang diberikan. Sementara pembayaran iuran rutin dilakukan.

“Untuk apa ada pelayanan ini kalau kami tidak dilayani, kami sudah mengurus pindahnya tapi tidak terdaftar dan tidak bisa berobat, kami mempertanyakan layanan BPJS ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan, Hendra Kurniawan mengatakan, untuk memberikan kemudahan, BPJS menyediakan layanan Mobile JKN. Maka diharapkan masyarakat bisa menggunakan aplikasi mobile JKN yang dapat didownliad di playstore. Setelah diinstal, proses selanjutnya registrasi.

Baca:  Kebijakan BPJS Sangat Memberatkan Pasien

“Dalam aplikasi itu peserta bisa mengecek status anggota, cek tagihan termasuk bisa pindah faskes dan pindah kelas,” jelasnya.

Menurutnya, setelah melakukan pemindahan faskes, peserta bisa menunggu hingga bulan berikutnya. “Misalnya mengajukan pindah faskes pada akhir bulan, awal bulan berikutnya itu sudah selesai, jika belum terdaftar mungkin ada kesalahan,” tukasnya.

Penawaran layanan yang diberikan BPJS Kesehatan ini memang sudah baik. Hanya saja masih banyak orang yang melek teknoligi. Sehingga peserta bisa langsung ke kantor BPJS atau lewat call center 1500400. Peserta cukup membawa foto copy KK, KTP, buku tabungan bagian depan.

Baca:  Pelayanan BPJS Kesehatan Masih Bermasalah

“Wilayah Kantor Cabang Palembang memiliki 426 faskes tingkat pertama, baik klinik, puskesmas dan dokter praktek. Sudah cukup tersebar dan kita selalu ada target menambah kerja sama,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kualitas Air Baku Berubah, Distribusi Air PDAM Berwarna

Palembang, BP — Air bersih yang diterima oleh pelanggan PDAM Tirta Musi berwarna dan menjadi keluhan sejak beberapa hari terakhir. Hal ...