Home / Headline / Sepi Event, Sumsel Alami Penurunan Kunjungan Wisatawan

Sepi Event, Sumsel Alami Penurunan Kunjungan Wisatawan

Suasana Jakabaring Sport City yang sehari-hari kerap sepi.

Palembang, BP–Tidak adanya event besar di Sumatera Selatan sejak beberapa bulan terakhir berdampak pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi ini.

Penurunan jumlah wisatawan luar negeri maupun dalam negeri pada Januari lalu akibat sepinya event di Sumsel cukup signifikan, yakni sebanyak 811 kunjungan atau sebesar 43,33 persen bila dibandingkan Desember 2018 lalu.

Baca:  DPRD Sumsel Minta PT JSC Tingkatkan Manajemen Pengelolaan

Bila jumlah kunjungan wisman mancanegara mengalami penurunan, tidak demikian dengan jumlah tingkat hunian kamar hotel berbintang di Sumsel. Pada bulan Januari justru mengalami peningkatan mencapai 3,66 poin atau dari 55,79 persen di Desember 2018 menjadi 59,45 persen di Januari 2019.

Dari total pencapaian di bulan Januari lalu, tertinggi terjadi pada hotel bintang 4 sebesar 73,12 persen dan terendah hotel bintang 1 sebesar 34,71 persen.

Baca:  Mengintip Progres Renovasi GSJ  

“Kita mengharapkan kondisi hunian hotel yang mulai membaik akan terus terjadi, tapi sangat disayangkan peningkatan ini hanya terjadi di hotel berbintang yang memiliki fasilitas lengkap,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsi.

Sebelumnya kunjungan wisatawan ke Sumsel rata-rata dua kali lebih tinggi karena Palembang kerap menggelar event, baik olahraga, budaya, maupun konferensi nasional dan internasional.

Baca:  JSC Harus Mandiri dan Profit

Endang menambahkan, membaiknya tingkat kunjungan wisatawan baik wisman maupun wisnu, bisa menunjukkan mulai membaiknya pariwisata di Sumsel.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

RUU Daerah Kepulauan Masuk Dalam Prolegnas Prioritas 2020

Jakarta, BP–RUU tentang daerah Kepulauan menjadi RUU masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2020. RUU inisiatif Komite I ...