Home / Headline / Bawaslu Sumsel Segera Latih 455.868 Saksi Peserta Pemilu

Bawaslu Sumsel Segera Latih 455.868 Saksi Peserta Pemilu

BP/ISTKetua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Iin Irwanto

Palembang, BP             

 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam waktu dekat akan menggelar pelatihan saksi partai politik (parpol) dan pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019. Pelatihan tersebut rencananya akan diikuti sekitar 455.870 saksi yang akan bertugas di 25.326 tempat pemungutan suara (TPS) se-Sumatera Selatan.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Iin Irwanto mengatakan pelatihan saksi peserta pemilu 2019 merupakan amanat pasal 351 Undang-Undang 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca:  Bupati-Walikota se Sumsel Kompak "Sanjo" ke Rumah Wagub Mawardi Yahya

“Pelatihan ini dilakukan untuk membekali pengetahuan kepada para saksi, mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara, dan apa saja tugas, hak dan kewajiban para saksi. Nanti para saksi juga akan dibekali dengan buku saku yang tengah disiapkan para saksi,” ujar Iin, Kamis (28/2).

Lebih lanjut dia merincikan, 455.868 saksi yang akan dilatih oleh Bawaslu tersebut, terdiri dari 405.216 saksi dari parpol dan 50.652 saksi untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baca:  Mahasiswi Jadi Korban Jambret di Jakabaring

Saat ini, lanjut Iin, Bawaslu Sumsel masih menunggu penyampaian nama saksi-saksi yang akan diajukan oleh parpol, tim kampanye dan badan pemenangan pasangan calon tingkat provinsi Sumsel.

“Penyampaian nama-nama saksi itu, kami tunggu hingga tanggal 5 Maret 2019. Pada rakor tanggal 21 Februari lalu kami sudah menyampaikan hal ini kepada perwakilan peserta pemilu yang hadir,” ungkap alumni Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya ini.

Baca:  Jangan Libatkan Tim TP4D Kejari OI Dalam "Proyek Receh"

Rencananya pelatihan saksi akan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret – 10 April 2019. Pelatihan akan dilaksanakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum tingkat kecamatan, di bawah supervisi Bawaslu Kabupaten/kota dan Provinsi secara berjenjang. “Jika melihat jumlah peserta, agar lebih efektif kemungkinan besar pelatihan akan dibagi dalam beberapa angkatan atau termin,” tandasnya.#osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Polda Sumsel Gelar giat Jumat Barokah

Palembang, BP Giat Jumat Barokah Polda Sumsel yang kali ini mengambil lokasi di jln. Fiqih Usman RT 17,18 dan 19 ...