Home / Palembang / Kini Penumpang LRT Bisa Nikmati Layanan Kesehatan Gratis

Kini Penumpang LRT Bisa Nikmati Layanan Kesehatan Gratis

BP/RIO
CEK KESEHATAN-Nampak penumpang LRT Sumsel yang tengah melakuakan cek kesehatan gratis, di Stasiun LRT Demang, Sabtu (2/2).

Palembang, BP — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang bersama Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kota Palembang untuk menggunakan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumsel.

Kali ini, sosialisasi yang berlangsung di Stasiun LRT Demang, Sabtu (2/2), tak hanya dipromosikan kepada masyarakat, melainkan juga kepada kalangan komunitas yang ada di kota pempek. Di sana juga, para penumpang dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis yang meliputi konsultasi, pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat.

Baca:  Dibongkar Bambang Haryo, LRT Palembang dilirik KPK

“Kalau pelayanan kesehatan gratis di Stasiun LRT ini dilakukan secara rutin, artinya setiap minggu secara bergantian di 13 Stasiun LRT yang afa,” ujar Kepala Divisi Regional III Palembang Anang Yoyo.

Dikatakan Anang, pihaknya pun sengaja terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan LRT Sumsel sebagai moda transportasi. Mengingat, sayang jika kereta api ringan tersebut tak digunakan, karena LRT ini sangat bagus untuk mengatasi kemacaetan.

“Selaku operator LRT, kita terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya menggunakan transportasi publik. Kami mengundang setiap kalangan masyarakat dari mahasiswa, warga dan komunitas di Palembang dengan memberikan sosialisasi untuk beralih ke transportasi masal,” ujar Anang.

Baca:  LRT Kurang Optimal, Mesti Terkonekasi Transportasi Lain

Dia juga berharap, harga naik LRT yang relatif murah diharapkan masyarakat Palembang terus menggunakan transportasi ini, karena dengan biaya Rp10.000, masyarakat sudah dapat melakukan perjalanan dari atau menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, sementara tiket antar stasiun di luar bandara sebesar Rp5.000.

“Cara naik LRT Sumsel juga mudah, selain menggunakan tiket konvensional ada cara lebih mudah dan cepat naik LRT yakni dengan KUE, sehingga tak perlu antri membeli tiket, melainkan langsung menuju gate masuk stasiun,” jelas dia.

Menanggapi adanya keluhan dari masyarakat soal tiket elektronik yang hanya bisa digunakan untuk satu orang, Anang menjelaskan, jika dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) tersebut banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat.

Baca:  Sidak ke Stasiun Bandara, Komisi V Kritisi Subsidi LRT

“Padahal KUE itu sangat banyak manfaatnya, bukan hanya untuk naik LRT saja, akan tetapi bisa juga digunakan untuk membayar tol dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel Rosita menambahkan, untuk integrasi transportasi antara Trans Musi, Damri dan LRT Sumsel saat ini memang sudah ada peraturan dari Kementerian.

Ia juga menambahkan, secepatnya pihaknya bersama PT KAI Divre III Palembang akan melakukan pengtinergrasian moda transportasi itu di Kota Palembang, dengan begitu masyarakat akan lebih mudah untuk menggunakan LRT Sumsel.

“Kalau besaran tarifnya untuk tiga transportasi yang bersinergi itu hanya Rp12 ribu. Rinciannya senilai Rp5.000 untuk TM, Rp5.000 lagi untuk Damri dan Rp2.000 untuk LRT,” pungkasnya. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kasus Surat Suara Tercoblos, NasDem Minta Waspadai Skenario Kotor

Jakarta, BP — DPP Partai NasDem menduga ada cara-cara kotor dilakukan terkait surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia. Polisi dan Bawaslu ...