Home / Sumsel / Ogan Ilir / Giliran Warga Kecamatan Payaraman Dapat Sertifikat

Giliran Warga Kecamatan Payaraman Dapat Sertifikat

Inderalaya, BP — Setelah warga Kecamatan Inderalaya, Inderalaya Selatan, Inderalaya Utara, kali ini giliran warga Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang mendapatkan sertifikat dari Kantor BPN OI, kemarin. Bahkan secara langsung Kepala Kantor BPN OI Manatar Pasaribu SE Msi bersama Bupati OI H Ilyas Panji Alam menyerahkannya di Aula Kantor Camat Payaraman.

Penyerahan Sertifikat Untuk Rakyat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2018, Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2019 terserah dihadiri ratusan masyarakat.

Camat Payaraman HA Toriq mengaku bersyukur karena warga Kecamatan Payaraman mendapatkan sertifikat gratis sebanyak 1814orang. Menurutnya masyarakat Payaraman senang ikut Program PTSL untuk kepengurusan pembuatan sertifikat tanah.” Terima kasih atas pembagian sertifikat tanah gratis ini bisa digunakan untuk modal usaha,” katanya.

Baca:  Wow! Tunggakan Listrik Rumah Tangga Ogan Ilir Capai Rp3 Miliar

Kepala Kantor BPN OI Manatar Pasaribu SE Msi didampingi Kasi Hubungan Hukum Kantor BPN OI Hasan Basri dan Kasubsi Pendaftaran Kantor BPN OI Gerardus Ardi SH mengatakan program PTSL mendapatkan target 5500 bidang tanah namun yang tercapai pembuatan sertifikatnya 5400 bidang tanah. Pada 2019 diharapkan kerja sama baik pemilik tanah, kades, lurah, camat dan sebagainya dan program dapat dilanjutkan kembali, karena target PTSL 6000 bidang tanah yang terdiri dari pemetaan dan untuk terbit 4000 sertifikat.

“Pembuatan sertifikat ini guna memberikan kepastian hukum bagi kepemilikan aset, menaikkan taraf hidup masyarakat, mengurangi konflik sengketa dan sebagainya,” jelasnya.

Baca:  Menejemen PDAM Tirta Ogan Terus Berbenah

“Khusus Payaraman di 10 desa mengajukan 1814 tapi 1747 sertifikat yang diterbitkan hari ini hanya 1405 sertifikat karena kurang persyaratan misal blanko yg belum ditandatangani dan surat asli yang belum dilampirkan. ini program pemerintah kita ingin sampai seluruh Kecamatan di OI dapat terpetakan. Masyarakat agar dapat membantu. Mudah-mudahan kita dapat memetakan 5 desa/kelurahan sebagai desa lengkap yaitu Kelurahan Inderlaya Indah, Desa Tanjungsejaro, Desa Tanjung Pule, Desa Tanjungdayang utara selatan, Desa Sakatiga seberang,” jelasnya.

Ditambahkannya pelaksanaan sertifikat ini tidak sepenuhnya gratis semua tahapan sebelum PTSL ada biayanya antaranya harus menyiapkan patok tanah, meterai, dan biaya fotokopi. Setelah pengukuran dan setelah terbit sertifikat itulah gratis dan BPHTB bayar ke negera melalui Bank bukan ke bpn. Ada pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan yang terutang yang harus dibayarkan oleh masyarakat. Jadi ada hak dan kewajibanlah, “jelasnya

Baca:  Diduga Oknum ASN "Main Proyek" Pengadaan Gorden

Bupati OI H Ilyas Panji Alam mengatakan program pembagian sertifikat ini adalah program pemerintah pusat Presiden Jokowi melalui nawacita. “kedepan kita akan koordinasikan kepada BPN OI agar persoalan biaya meterai, patok tanah dan sebagainya dibicarakan ke kita agar masyarakat tidak lagi terkena biaya. Ini demi kesejahteraan warga, “harapnya. #hen

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bapenda OI Semarakkan Rekor Muri Penyajian Pindang Terbanyak

Inderalaya, BP — Sedikitnya 8000 pindang air tawar yang disajikan oleh beragam dinas, sekolah, kecamatan dan desa tersaji apik di ...