Home / Headline / Jalan Penghubung Yang Dibuat Dalam Kegiatan TMMD Mempermudah Masyarakat Lakukan Pekerjaan  

Jalan Penghubung Yang Dibuat Dalam Kegiatan TMMD Mempermudah Masyarakat Lakukan Pekerjaan  

BP/IST
Jalan penghubung yang masuk dalam Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-104 di Sungai Rengas Pulo Kerto Gandus terus dilakukan, hingga Sabtu (2/2).

Palembang, BP

 

Jalan penghubung yang masuk dalam Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-104 di Sungai Rengas Pulo Kerto Gandus terus dilakukan, hingga Sabtu (2/2).

Kegiatan  tersebut merupakan program Kodim 0418 Palembang bersama Pemkot Palembang ini sudah melakukan penimbunan jalan mencapai 300 meter selain itu juga melakukan pekerjaan pembuatan begesting pondasi jembatan.

Keberadaan jalan penghubung tersebut akan memudahkan masyarakat Kampung Pulokerto untuk memakamkan warganya ke TPU di Kampung Sungai Rengas.

Warga RT 33 Sungai Rengas, M Nur mengaku sangat bahagia dengan kehadiran prajurit Kodim 0418/Palembang yang akan membangun sejumlah infrastruktur di kampungnya. Terlebih, kegiatan ini pun didukung penuh Pemkot Palembang.

Baca:  Alex Noerdin: Kalau Saya Masih Punya Waktu…

“Selama ini, jika ingin ke Kampung Pulokerto, kami harus menempuh jarak 20 km. Kalau jalan penghubung ini sudah diperbaiki, jaraknya hanya 2 km. Jauhnya jarak tersebut membuat kami kesulitan untuk memakamkan warga kami yang meninggal dunia karena TPU ada di Sungai Rengas,” katanya, Sabtu (2/2).

Dengan jarak seperti itu, sambung dia, warga secara swadaya membangun jalan alternatif. Hanya saja, jalan tersebut terhalang dengan sungai.

“Kami hanya menggunakan batang kayu untuk melintasi jalan itu. Alhamdulillah sekarang prajurit Kodim Palembang membantu kami dalam membuat jembatan tersebut,” katanya.

Seperti diketahui program TMMD ke 104 bertujuan untuk mensejahterahkan rakyat. Untuk itulah, Kodim 0418/Palembang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang melakukan sejumlah pembangunan fisik.

Baca:  Legenda Preman Palembang, Mat Ijah Mengembuskan Napas Terakhir

Beberapa pembangunan fisik yang akan dibangun seperti perbaikan jalan penghubung Kampung Pulokerto menuju Sungai Rengas dalam proyek TMMD ke-104 sepanjang 2 kilometer (km) dengan lebar 6 meter. Selain itu juga dilakukan pemasangan gorong-gorong sebanyak dua titik, rehab masjid Al-Ikhlas di Kampung Sungai Rengas, RT 33, RW 05, Kelurahan Pulokerto.

Pembangunan fisik lainnya yakni pembuatan jembatan dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter. Pembuatan pos kamling sebanyak 2 unit dan bedah rumah 2 unit.

“Ada juga pembangunan non fisik yakni penyuluhan bela Negara, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, agama, penyuluhan pertanian, perkebunan dan perikanan, penyuluhan tentang bios 44, pengobatan massal/donor darah dan khitanan, pemutaran film perjuangan dan panggung hiburan,” jelas Komandan Kodim (Dandim) 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS, Sabtu (2/2).

Baca:  Sebanyak 10.236 Kendaraan Lewat di Jalan Tol Trans Sumatera Selama Lebaran

Lebih jauh menjelaskan, tahun ini TMMD kembali hadir di Palembang guna membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan dan membantu kesulitan masyarakat. “Nantinya selain pekerjaan fisik seperti pembangunan jalan di Kelurahan Pulokerto, kegiatan TMMD juga akan dilaksanakan kegiatan non fisik”, jelasnya.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan, bahwa tujuan diselenggarakan TMMD ini untuk mendekatkan TNI dengan Rakyat karena ini merupakan salah satu bagian pertahanan negara, negara bisa kuat kalau TNI manunggal dengan rakyat.

“Salah satu tujuan TMMD ini untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, nanti selain bangun jalan, ada bedah rumah, buat MCK, Poskamling dan apapun yang dibutuhkan masyarakat seperti penyuluhan bela negara, anti narkoba, pengobatan massal yang diyakini membantu masyarakat serta nanti ada turnamen voli, pengajian dan lainnya”, katanya.#osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga OKI Bermunajat Minta Hujan

OKI, BP— Warga Ogan Komering Ilir menggelar shalat Istisqa untuk meminta hujan. Shalat digelar di Halaman kantor Bupati OKI, (18/9). ...