Home / Headline / Perindo Dorong Prioritas bagi Tenaga Kerja Sumsel

Perindo Dorong Prioritas bagi Tenaga Kerja Sumsel

BP/IST
Caleg DPR RI Dapil 1 Sumsel Sabella
Liberty di Palembang, Kamis (30/1).
 
 

Palembang, BP

 Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumatera Selatan diakui terus membaik dengan capaian 6,14 persen di atas pertumbuhan ekonomi nasional Triwulan III tahun 2018 yang tumbuh 5,17 persen. Hal ini seiring dengan penanaman modal dan pengembangan usaha yang terus berjalan.

Meski begitu, kinerja ekonomi itu harus diikuti dengan penyerapan bagi tenaga kerja Sumsel, peningkatan kompetensi dan pendidikan. Ini guna mendorong pendapatan, pemerataan, serta meminimalisir masalah sosial.

“Sumsel merupakan salah satu provinsi dengan sumber daya alam melimpah dan banyak terdapat industri. Sudah seharusnya, masyarakat Sumsel mendapat manfaat langsung, artinya tenaga kerja kita memperoleh prioritas dan juga perlindungan secara hukum dalam masalah perburuhan,” kata Caleg DPR RI Dapil 1 Sumsel Sabella Liberty di Palembang, Kamis (30/1).

Dirinya mengakui, terdapat posisi-posisi pekerjaan yang memang menuntut kemampuan dan latar belakang pendidikan tertentu. Oleh karena itu, perlu diberikan program peningkatan mutu pendidikan dan keterampilan kerja yang lebih memadai.

“Justru inilah momentum untuk meningkatkan derajat kualitas tenaga kerja di Sumsel. Perbaiki kualitas pengajaran, dunia pendidikan dan industri bekerja sama menyusun skemanya,” ujar advokat alumni Universtas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini.

Kepada masyarakat, Sabella juga memberikan sosialisasi hak-hak tenaga kerja. Pada beberapa kesempatan silaturahmi dengan warga, ibu satu anak ini juga menerima keluhan warga dan secara spontan memberikan klinik konsultasi hukum seperti saat mengunjingi warga Desa Kemang, Musi Banyuasin.

Menurutnya, wawasan tentang hukum juga perlu diketahui oleh warga masyarakat termasuk terkait aktivitas industri dan pembukaan lahan di sekitar lingkungan warga. “Kita menyadari bahwa sebagian saudara-saudara kita masih awam tentang hukum dan hak-haknya. Oleh karena itu, kita aktif memberikan pemahaman dan pendampingan,” kata Sabella didampingi Caleg DPRD Musi Banyuasin Senen bin H Hanan.

UMKM

Upaya meningkatkan kesejahteraan juga diyakini dapat dilakukan dengan memberdayakan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Terlebih potensi UMKM di Sumsel terdapat di banyak bidang usaha.

“Kita sudah dikenal dengan produk kuliner, kain tradisional, furnitur dari kayu dan kerajinan tangan. Masing-masing kabupaten juga memiliki ikon yang bisa dikembangkan lebih luas,” kata Ketua DPW Perindo Sumsel Febuar Rahman.

Menurutnya, salah satu basis pengembangan UMKM yang menggarap produk khas daerah ialah mendorong pembangunan desa. Masyarakat pedesaan yang ingin atau telah memiliki usaha mendapat pelatihan dan bantuan pemasaran.

“Seperti desa-desa penghasil kopi, para petaninya mendapat pembinaan pengemasan dan branding yang baik sehingga produknya dijual lebih luas,” katanya. Begitu juga dengan desa yang memiliki produk kerajinan tangan, kain dan mebel ukiran khas Palembang.

Selain itu, promosi melalui media sosial dan media massa perlu digencarkan. Diharapkannya, melalui berbagai upaya kreatif yang melibatkan masyarakat secara langsung maka pertumbuhan ekonomi Sumsel dapat dinikmati secara merata.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Lagi, Pasien Terpapar Covid-19 di OKU Bertambah 37 Orang

Baturaja, BP–Jurubicara Satgas Covid-19 Kabupaten OKU, Rozali, kembali menginformasikan update data kemarin hingga hari ini, Rabu (3/6/2020), sampai pukul 10.00 ...