Home / Headline / Kopertais Dorong Kampus Islam Kerjasama Internasional

Kopertais Dorong Kampus Islam Kerjasama Internasional

(Suasana MoU UIN Raden Fatah Palembang dengan PTKIS Kopertis Wilayah VII Sumbagsel di Aula KPA UIN Raden Fatah Palembang)

Palembang, BP
Tak bisa dipungkiri, bahwa era globalisasi dan percepatan teknologi membuat perkembangan zaman semakin cepat. Perguruan Tinggi sebagai pencetak sarjana harus benar-benar berkualitas dan memiliki jaringaj kerjasama Internasional demi menciptakan lulusan yang berkualitas.
Berangkat dari hal tersebut, Kepala
Koordinator Perguruan Tinggi Kegamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah VII Sumbagsel, Muhammad Sirozi mendorong kampus keagamaan yang berada di kawasan Sumbangsel agar ikut terlibat dalam kerjsama internasional.
Dijelaskan pria yang juga Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini bahwa kerjasama internasional saat ini belum tersentuh oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam SWasta (PTKIS). Pihaknya ingin kampus keagamaan bisa terlibat secara langsung berbagai kegiatan internasional.
“Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan kerjsama dengan kampus negara lainnya,” ungkapnya uasai acara MoU dan pelantikan Forum Pimpinan PTKIS di aula lantai 3 gedung Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Rabu (30/1).
Menurut Sirozi, selain kerjasama internasional masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diselesaikan PTKIS di wilayah Sumbangsel, seperti masalah perbaikan Sumber Daya Manuasi (SDM), masalah keuangan, fasilitas gedung dan lain sebagainya.
“PTKIS yang masih berstatus sekolah tinggi kita dorong agar meningkatkan statusnya menjadi Institut, salahnya satunya mereka tidak kuliah di gedung sewaan,” tegasnya.
Ditambahkan Sirozi, saat ini ada 56 PTKIS di wilayah Kopertasi Wilayah VII Sumbangsel. Dari jumlah total tersebut baru ada 5 PTKIS yang berstatus Institut Agama Islam Swasta.
“Menjadikan sekolah tinggi menuju institute menjadi tugas kita bersama kedepannya,” terangnya.
Sementara itu, Ketua Forum PTKIS Sumbangsel, Taufik mengaku, salah satu program yang dicanangkan kedepan adalah mendorong PTKIS melakukan kerjasama internasional untuk meningkatkan kualitas kampus Keagamaan Islam.
“Upaya ini sudah ada, nanti kita akn bentuk korrdinasi bersama PTKIS terkait agar terdorong melakukan kerjasama antar PTKIS ataupun dengan kampus ternama lainnya hingga kampus di luar negeri,”pungkasnya.
Menurutnya, wacana ini memang perlu dilakukan agar ke depan semua PTKIS tetap mencetak sarjana-sarjana yany betul-betul menjadi harapan di era globalisasi, terutama dalam menyambut era disrubtion 4.0. #sug
Baca:  Ketua KPU Palembang Diperiksa 3 Jam
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Mantan Hakim MK Sebut Narasi Bambang Widjojanto Berbahaya Sekali

Jakarta, BP–Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Maruarar Siahaan ikut mengomentari pernyataan Tim Hukum Capres-cawapres 02 Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto (BW), mengenai ...