Home / Sumsel / Ogan Ilir / 55 Relawan Demokrasi Disebar, KPU OI Targetkan Partisipasi Pemilih Diatas 77,5 Persen

55 Relawan Demokrasi Disebar, KPU OI Targetkan Partisipasi Pemilih Diatas 77,5 Persen

Inderalaya, BP — KPU Kabupaten Ogan Ilir (OI) menyelenggarakan sosialisasi dan pengukuhan 55orang relawan demokrasi yang tersebar di 15 kecamatan, Selasa (29/1) di Inderalaya. Tujuan diselenggarakannya sosialisasi tersebut guna meningkatkan partisipasi trend pemilih yang makin hari makin menurun.

Setidaknya secara nasional dari tahun 1999 angka partisipasi pemilih sebanyak 92persen, pada pemilu 2009 sebanyak 71 persen, pada tahun 2014 sebanyak 73 persen. Sehingga pada 2019 ini diharapkan partisipasi pemilih untuk pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Sumsel, DPRD OI diatas partisipasi nasional 77,5 persen.

Ketua KPU OI Masuryati

Ketua KPU OI Masuryati mengatakan sasaran relawan demokrasi antaranya ada 11 segmen yaitu kepada pemilih muda, pemilih pemula, perempuan, keagamaan, marjinal, warnet, disabilitas, demokrasi, basis komunitas, warga internet atau netizen dan sebagainya.

Baca:  Beredar Rumor, Diduga Ada Fee Proyek Dinkes OI Hingga 15 Persen

“Mereka ditempatkan sebagai pioner di komunitas tersebut. Tantangannya guna mewujudkan pemilu 2019. Karena banyak faktor trend penurunan diantaranya masyarakat jenuh dengan frekuensi penyelenggaraan pemilu yang tinggi, ketidakpuasan kinerja sistem politik, melemahnya kesukarelaan masyarakat untuk memilih, mal administrasi penyelenggaraan pemilu, paham keagamaan anti demokrasi dan sebagainya,” kata Massuryati yang merupakan alumni UIN Fakultas Syariah Jurusan Perdata Pidana Islam tahun 1992, dan saat ini tengan menempuh pendidikan s2 di Universitas Muhammadiyah Jurusan Hukum Tata Negara (HPN).

Baca:  Guru Ngaji Tradisional Dapat Santunan Baznas

Anak pertama dari pasangan H Rusniali dan Hj Fatma,ini menambahkan saat ini ada 1172 TPS yang tersebar di OI, Ia berharap dengan adanya relawan demokrasi jumlah partisipasi masyarakat untuk memilih pemimpin melebihi standar nasional 77,5persen, dari jumlah 288.973 DPT.

“Memilih adalah tugas mulia untuk menentukan pimpinan di masa depan. Upaya menyukseskan pemilu, melakukan sosialisasi ke masyarakat baik calon presiden, DPD, DPR sesuai tingkatan pemilu. Karena tanpa partisipasi atau keterlibatan pemilih sesungguhnya pemilu tidak memiliki makna,” kata mantan Anggota Panwaslu OI tahun 2008 yang pernah menyelenggarakan pemilihan gubernur dan wagub Sumsel, selain itu Massuryati juga mantan Ketua Panwaslu 2009 dan pernah menyelenggarakan pemilu untuk pemilihan anggota DPRD, DPD, presiden.

Baca:  Agar Makin Cantik, Teluk Seruo Bakal Makin Ditata

Kemudian 2010 menjabat ketua Panwaslu OI sudah pernah melaksanakan pilkada bupati, pada 2014 sebagai anggota komisioner divisi teknis penyelengaraan, dan 2019 menjabat sebagai ketua KPU merangkap koordinator keuangan umum divisi logistik rumah tangga. #hen

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Koramil 402-05/Muarakuang Karya Bakti dan Gotong Royong Bersama Warga

Inderalaya, BP — Puluhan anggota Koramil 402-05/Muarakuang Kabupaten Ogan Ilir (OI) bersama ratusan masyarakat Desa Kayu Ara Kecamatan Rambangkuang mengikuti ...