Home / Bisnis / Pelindo II Palembang Raih Penghargaan Bidang Sosial Masyarakat

Pelindo II Palembang Raih Penghargaan Bidang Sosial Masyarakat

Palembang, BP

Komitmen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Palembang / IPC Palembang terhadap kemaslahatan masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya tidak perlu diragukan, pasalnya IPC Palembang berhasil memperoleh penghargaan/award pada ajang Innovative Business Excellent Award 2019 untuk kategori “The Commited Company for Contributing Community Development of The Year 2019”, berdasarkan survey dan penilaian independen yang dilakukan oleh Indonesia Development Achievement Foundation. Penghargaan diberikan di Merapi Ballroom Hotel Novotel Semarang, Jawa Tengah, Jum’at, 25 Januari 2019.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan yang diberikan atas kepedulian sekaligus kontribusi nyata IPC Palembang terhadap masyarakat dan lingkungan melalui program Community Development atau Corporate Social Responsibility (CSR) sepanjang tahun 2018 lalu.

Metodologi penilaian yang digunakan pada pemberian award ini mengacu kepada beberapa kriteria, antara lain: integritas, etos kerja, gotong royong, penerapan aplikasi dan program observasi yang dilakukan melalui pengamatan website, media sosial, serta aktifitas pada komunitas komersial dan non komersial, yang hasilnya secara nyata mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Pada awal Januari 2019 lalu, IPC Palembang telah memperoleh penghargaan untuk kategori “The Best Indonesia Port Company in Service Excellent of the Year”, pada ajang Indonesia 50 Best Companies Award 2019 yang diselenggarakan oleh pihak Indonesia Achievement Center, di Medan, Sumatera Utara.

General Manager IPC Palembang, Agus Edi Santoso, yang menerima langsung penghargaan tersebut menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang kembali diterima oleh IPC Palembang di awal tahun 2019 ini. Menurutnya penghargaan ini merupakan tolak ukur kesesuaian program-program Community Development / CSR IPC Palembang yang telah diakui dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Penghargaan ini akan semakin meningkatkan semangat IPC Palembang untuk terus berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan melalui berbagai program CSR. Sebagai sebuah BUMN, IPC Palembang tidak hanya mengejar profit semata, namun kami juga memiliki tanggung jawab untuk dapat turut memberdayakan masyarakat khususnya masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja kami. Oleh karena itu, IPC Palembang sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta kepedulian pada lingkungan melalui program CSR untuk mewujudkan sustainability development”, ujar Agus Edi Santoso.

Pada kesempatan yang sama, CEO Indonesia Development Achievement Foundation, Yuli Nurlina, dalam kata sambutannya mengungkapkan apresiasinya kepada IPC Palembang. Menurutnya, IPC Palembang adalah salah satu BUMN yang aktif dalam hal pelaksanaan kegiatan Community Development dan CSR baik untuk sektor pendidikan, sarana dan prasarana umum, maupun sosial kemanusiaan di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya.

Salah satu program CSR unggulan yang dilakukan oleh IPC Palembang adalah kepedulian di bidang pendidikan yang diaplikasikan melalui program ‘Beasiswa CINTA IPC’, yakni sebuah program yang ditujukan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan siswa/siswi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, khususnya dalam membangun generasi muda agar memiliki soft skill yang baik dan mumpuni, disamping kemampuan hard skill yang umumnya diperoleh melalui jalur akademik seperti pada umumnya.

Melalui program ini sebanyak 50 siswa/siswi dari tingkat SLTA/sederajat yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi selain memperoleh dana beasiswa (uang saku) dan perlengkapan sekolah juga akan diberikan pendidikan soft skill selama 1 (satu) tahun dalam bentuk character building, leadership development dan community empowerment. Menurut Agus Edi Santoso, dengan mengikuti program Beasiswa CINTA IPC ini diharapkan seluruh siswa/siswi nantinya selain mampu meningkatkan kualitas pendidikan juga mampu meningkatkan kualitas diri sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara.

“Masyarakat sangat membutuhkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang layak sekaligus pengembangan kualitas diri (self quality development) untuk melahirkan generasi penerus bangsa terbaik. Ini merupakan tanggung jawab kita untuk memberikan kesempatan kepada siswa/siswi yang berprestasi namun memiliki keterbatasan secara ekonomi,” jelasnya.

Selain dalam bentuk bantuan pendidikan, penerapan tanggung jawab sosial IPC Palembang juga diwujudkan dalam wujud program sosial kemasyarakatan dan pengembangan sarana dan prasarana umum di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya, diantaranya seperti pelaksanaan Pasar Murah Ramadhan bagi masyarakat kurang mampu, santunan anak yatim, pemberian hewan Qurban saat Hari Raya Iedul Adha, kegiatan Field Trip bagi siswa/siswi Sekolah Dasar dalam rangka pengenalan industri kepelabuhanan dan kemaritiman, pembangunan halte pada venue panjat tebing di Jakabaring Sport City Palembang serta penyediaan T-shirt dan topi bagi supporting official dalam rangka mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 lalu.

“Bentuk tanggung jawab sosial yang kami lakukan merupakan wujud implementasi dari salah satu nilai perusahaan (corporate value) PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), yakni Nationalism (nasionalisme). Nilai nasionalisme ini diwujudkan dalam bentuk nyata perusahaan dalam mensukseskan program pemerintah pusat khususnya dalam mensukseskan pembangunan nasional, yang salah satunya dalam bentuk kontribusi nyata tanggung jawab sosial perusahaan negara bagi masyarakat,” pungkas Agus Edi Santoso. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

HUT RI ke 74: Pelindo II Kucurkan CSR Rp1,4 Miliar

Palembang, BP PT Pelindo II (IPC) cabang Palembang memusatkan upacara peringatan HUT RI ke 74 tahun di dermaga konvensional PT ...