Home / Headline / Pergunu Sumsel Ciptakan Guru Siap di Era 4.0

Pergunu Sumsel Ciptakan Guru Siap di Era 4.0

(Suasana Pembukaan Seminar dan Workshop guru yang digelar oleh Persatuan Guru NU Sumsel di Grand Hotel Malaka) 

Palembang, BP
Tak bisa dipungkiri, menjelang era disrubtion 4.0 ini, tantangan guru sebagai pendidik semakin berat lantaran anak semakin jeli dengan teknologi.
Berangkat dari hal tersebut, Pengurus Persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu) Sumsel menggelar seminar dan workshop Mengembangkan Potensi dan Profesionalisme Guru Melalui Pembelajaran Berbasis IT di Era Revolusi Industri 4.0 di Hotel Grand Malaka Palembang, Sabtu (19/1).
Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Pemerintah Provinsi Sumsel Prof Dr Edwar Juliartha dan juga diisi oleh pemateri Izzah Zen Syukri.
Ketua PW Pergunu Sumsel, Dr H Ahmad Zainuri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pergunu dalam mendukung para guru NU di Sumsel agar benar-benar mampu bersaing dan siap menghadapi era 4.0.
“Jadi ini merupakan Workshop untuk penulisan karya ilmiah termasuk untuk bagaimana penggunaan IT dalam pembelajaran,”ujar Zainuri.
Lanjut dia, ada sekitar 250 guru, dari guru SD, SMP, SMA bahkan ada guru (dosen-red) Perguruan Tinggi yang ikut. Bahkan ada dari beberapa kabupaten/kota di Sumsel yang ikut selain di Palembang. “Kegiatan ini diharapkam agar mampu memajukan guru, memotivasi guru dan guru kita kedepan lebih bagus dan tidak tertinggal,”harapnya.
Sementara itu Prof Dr Edwar Juliartha mengaku sangat apresiasi dengan adanya seminar dan workshop yang digelar oleh Pergunu Sumsel. Menurutnya, era disrubtion 4.0 ini memang harus dipahami oleh para guru di era ini. 
 
“Era 4.0 guru memang harus terus mengaupdate diri. Zaman sudah berubah, ilmu baru banyak ditemukan dan permasalahan siswa pun kian kompleks,”urainya. 
 
Edwar menjelaskan bahwa setidaknya guru era 4.0 harus memiliki sifat Pintar (Pintar, Integritas, Network, Target,  Awarenes, Realebility). Kemudian
Sakti (Aktif, Kreatif, Komunikati, Imajinatif).
“Dan jangan lupa yang terakhir adalah Sabar atau kita menyebutnya situasi, awareness, Background dab rekomendasi,”pungkasnya. #sug
Baca:  Guru Resah Dana Sertifikasi Belum Cair
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Polisi Mencium Bau Alkohol dari Mulut Pelaku Kerusuhan di Flyover Slipi

Jakarta, BP — Sejumlah orang dari sekelompok massa yang melakukan kerusuhan di flyover Slipi, Jakarta Barat diamankan polisi. Diduga sebagian ...