Home / Headline / Unsri Mulai Buka Jalur SNMPTN 2019 

Unsri Mulai Buka Jalur SNMPTN 2019  *Pelaksana Tes Masuk PTN Ditangani LTMPT*

(Rektor Unsri Prof Dr Ir H Anis Saggaf MSCE didamping Warek 1 Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi PhD dan Humas dan Publikasi Panitia Daerah LTMPT Prof Zulkifli Hasan)

Palembang, BP
Proses rangkaian masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia telah dimulai memasuki awal tahun 2019. Universitas Sriwijaya (Unsri) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia pun sudah mulai mendeklarasikan penerimaan mahasiswa baru 2019/2020 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaf MSCE mengatakan bahwa proses pelaksanaan tes masuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun lalu dinamakan dengan Panitia Pelaksana SNMPTN atau SBMPTN.
“Sedangkan tahun ini diubah menjadi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau LTMPTN dan ada beberapa sistem penerapan pendaftaran yang berbeda,”ujar Anis Saggaf dalam ketengan persnya, Rabu (16/1).
Lanjut Anis bahwa pelaksanaan SNMPTN 2019 ini pun mengalami perubahan yakni dikoordinisasi oleh LTMPTN yang telah bersifat permanen, dan memiliki manajemen database terintegrasi. Dengan 3 tahapan seleksi masuk meliputi, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk PTN), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN) dan Ujian Seleksi Mandiri (USM).
“Jadi tahun ini menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK,  lebih cepat prosesnya dan lebih transparansi. Nah sekarang jaman now ini sudah menggunakan IT, agar berjalan lebih cepat dan transparan, walalu pelaksanaan sudah transparan sebelumnya tapi masih perlu waktu. Sekarang kita menggunakan screening,”ujarnya.
Dikatakan Anis bahwa untuk SNMPTN mengalami perubahan daya tampung penurunan menjadi 20 persen, dengan angka minimum sesuai potensi untuk SNMPTN. Sedangkan tahun lalu angka minimum SNMPTN mencapai 30 persen.
Lebih lanjut, Unsri menyatakan siap dalam pelaksanaan seleksi masuk tahun ini. Selain menyiapkan berbagai fasilitas, program lanjutan pola ajar mengajar juga akan terus dikembangkan yakni mempercepat lulusan dengan tepat waktu menjadi 8 semester. 2019 sendiri sudah masuk dalam tahun ketiga.
“Dulu kita menetapkan kelulusan 8-14 semseter, tapi sekarang kita rubah dan mengutamakan mahasiswa harus lulus dengan jangka waktu 8-10 semester. Demi meningkatkan kapasitas penerimaan masuk seat untuk mahasiswa baru,”katanya
Sementara dikatakan Ketua Panitia LTMPTN Daerah Warek 1 Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi PhD dan Humas dan Publikasi Panitia Daerah LTMPT Prof Zulkifli Hasan menyatakan siap menggelar tes masuk dengan berbagai persiapan. Termasuk penyediaan 1.000 komputer untuk tes secara bertahap.
“Khusus SNMPTN bahwa sudah diluncurkan mulai 4 Januari 2019 lalu dengan lembaga LTMPTN. Sedangkan proses pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah atau PDSS pada 4-25 Januari sedangkan pendaftaran pada pada 4 Februari hingga 14 Februari 2019,”ujarnya.
Sedangkan untuk pengumuman sendiri akan diumumkan pada 25 Maret 2019 dan peserta diharapkan langsung melakukan pendaftaran ulang melalui laman masing-masing yang diperoleh saat proses pendaftaran sebelumnya. #sug
Baca:  Gubernur Hadiri Sidang Promosi Doktor Arvita
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

ILUNI UI Sumsel Diskusikan Prospek Industri Migas

Palembang, BP Ikatan alumni (ILUNI) Universitas Indonesia (UI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Nongkrong Berfaedah, Selasa (19/2) malam, di Gade Cafe, ...