Home / Headline / KPU Palembang Antisipasi Tiga Tahapan

KPU Palembang Antisipasi Tiga Tahapan

Palembang, BP

BP/IST
Komisioner KPU kota Palembang, Abdul Malik Syafei

Pemilihan umum legislatif (Pileg) serta pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) akan digelar serentak pada 17 April mendatang. Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan persiapan disetiap tahapan. Ada beberapa tahapan yang dianggap krusial yang perlu diantisipasi sehingga tidak menimbulkan sengketa.

 

Terkait ini, komisioner KPU kota Palembang, Abdul Malik Syafei mengungkapkan, pasca dilantik 7 Januari lalu, pihaknya langsung berkoordinasi  dengan sejumlah steakholder di kota Palembang untuk melakukan persiapan-persiapan pemilu serentak.

Baca:  KPU Sumsel Tanggapi Daftar 10 Besar Calon Komisioner KPU Kabupaten/Kota

 

“Kami juga mulai memetakan persoalan yang akan dihadapi termasuk tentang keamanan,” katanya, Jumat (11/1).

 

KPU kota Palembang terang Malik, akan terus berkoordinasi baik dengan TNI maupun Polri, ini dilakukan agar pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar.

 

“Dengan pihak keamanan, kemarin kita sudah berkoordinasi dengan Dandim Palembang berbicara soal antisipasi kemananan. Pihak TNI ditegaskan akan bersikap netral tapi mereka punya kepentingan untuk memastikan keamanan selama pemilu ini,” terang Malik.

Baca:  Satu Persatu Makam Dalam Komplek Pemakaman Pangeran Kramajaya Mulai Ditemukan

 

Dijelaskannya, ada beberapa tahapan yang dianggap KPU kota Palembang sebagai tahapan yang krusial yakni pergerseran logistik, penghitungan suara dan rekapitulasi berjenjang.

 

“Itu menjadi salah satu poin keamanan yang perlu diantisipasi sehingga tidak menimbulkan sengketa dan konflik di tengah masyarakat khususnya antar pendukung calon,” jelasnya.

 

Malik berharap, sebagai lembaga pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat bekerja bersama-sama KPU dalam melakukan pengawasan. Selain itu, setiap masyarakat pun berkewajiban untuk menjaga suasana damai dan kondusif hingga selesainya pelaksanaan pileg dan pilpres.

Baca:  Saksi Dodi-Giri, Tolak Hasil Rekapitulasi Pilgub Sumsel , Tuntut PSU

 

“Kami optimis pemilu di Palembang berjalan aman, lancar, dan sukses. Ini perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat,” pungkas Malik. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Investor Yang Berinvestasi di Sumsel Harus Gunakan Tenaga Kerja Lokal

Palembang, BP Wakil Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang ...