Home / Headline / Pemprov Sumsel Anggaran Pembangunan Lanjutan Jembatan Musi IV  

Pemprov Sumsel Anggaran Pembangunan Lanjutan Jembatan Musi IV  

BP/IST
Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya

Palembang, BP

 

Hingga kini pembangunan Jembatan Musi IV, Kota Palembang masih terkendala pembebasan lahan untuk jalan akses di sisi Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II sepanjang 874 meter. Dari total kontrak anggaran proyek Jembatan Musi IV senilai Rp577 miliar, sudah terserap sekitar Rp377 miliar, sisa Rp200 miliar diharapkan 2018  bisa dicairkan.

 

Jika hingga akhir Januari 2019  masalah pembebasan lahan tak juga rampung Pemprov Sumsel maka  kelanjutan pembangunan Jembatan Musi IV tidak akan dilanjutkan dan kemungkinan jalannya akan dialihkan  dari Jalan KH Azhari memutar lewat jalan kota untuk menuju jalan nasional Jalan Ahmad Yani.

Jembatan Musi IV Palembang mulai dibangun pada 2016 sepanjang 1.129 meter dan lebar 14 meter untuk dua lajur kendaraan. Ditambah akses jalan sepanjang 874 meter, maka total panjang jembatan mencapai 2.003 meter dan dibangun sekitar 1,96 kilometer dari Jembatan Ampera (Jembatan Musi I).

Baca:  Bawaslu Rekomendasi Pemungutan Suara Susulan, Lanjutan Ulang

 

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya mengatakan , Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah menganggarkan besaran dana untuk pembebasan lahan akses pendekat Jembatan Musi IV.

“Di 2019 ini sudah kita anggarakan, tapi mungkin masih kekurangan. Untuk itulah, diharapkan nanti akan ada tim yang turun langsung ke lapangan agar aada pendataan dan komunikasi ke warga yang rumahnya terdampak pada proses pembebesan lahan ini,” katanya,  Rabu (9/1).

Menurut Mawardi, dengan adanya tim tersebut diharapkan akan ada kesepakatan dalam proses ganti rugi lahan.

“Berapa yang disepakati, berapa yang di mau rakyat, dan berapa NJOPnya. Jadi, jangan sampai ada yang berubah-ubah lagi harganya, jangan sampai seolah-olah kita yang mark up,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Mawardi, bila perlu dilakukan tanda tangan hitam diatas putih untuk kesepakatan bersama agar langkah berikutnya akan lebih mudah.

Baca:  Komitmen Politik Gubernur Sumsel H Alex Noerdin Harus Jadi Contoh

“Kalau sudah sama-sama sepakat lebih enak prosesnya,” kata Mawardi

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati mengaku beberapa hari lalu jajaran Komisi IV DPRD Sumsel melakukan kunjungan ke PT Adhi Karya di Jakarta, PT Adhi Karya ini juga yang mengerjakan proyek Jembatan Musi IV di Jalan Slamet Riyadi, Palembang.

“Jadi pihak Adhi Karya itu membangun Jembatan Musi IV  dari anggaran tahun jamak 2015-2018 dan memang tanggungjawab PT Adhi Karya itu memang fisiknya yang kini sudah 100 persen,” katanya.

Dan Jembatan Musi IV akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan tanggal 25 atau 27 Desember 2018 ini.

 

” Dalam pertemuan tersebut pihak Adhi Karya mengatakan kalau ada warga masyarakat yang terkena dampak pembangunan Jembatan Musi IV mereka siap untuk  menggantinya, kami juga sampaikan kalau Jembatan Musi IV itu sampai 2018 baru dianggarkan Rp9,7 miliar dan tahun 2019 baru akan dianggarkan Rp 32 miliar,” katanya.

Baca:  ACT Antisipasi Risiko Krisis Kemanusiaan pada Momen 22 Mei 2019

 

Dan tidak menutup kemungkinan kalau Jembatan Musi IV yang akan di resmikan oleh Presiden RI takutnya ada penolakan warga, karena akses jalan Jembatan Musi IV belum memadai.

“ Ini yang kami sesalkan kenapa perencanaan pembangunan Jembatan Musi IV tidak seiring, saya bilang begitu, dan mereka terkejut setahu mereka semuanya sudah beres, “ katanya.

Karena itu pihaknya meminta pihak PT Adhi Karya melakukan komunikasi dengan warga yang belum menerima ganti rugi lahan karena DPRD Sumsel tidak ingin kehadiran Presiden RI mendapatkan dampak negatip bagi Sumsel.

 

Karena itu pihak PT Adhi Karya telah menyetujui penganggaran lanjutan Jembatan Musi IV sebesar Rp 573 miliar dari APBN.

“ Aku berharap di 2019 ini  dari Pemerintah Provinsi menganggarkan Jembatan Musi IV itu selesai karena sudah terlalu lama,” katanya.#osk

 

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Harapkan Puskesmas di Sumsel Harus Aktif Jemput Bola

Palembang, BP Sejak program jaminan kesehatan yakni BPJS diterapkan di Indonesia, masih banyak masyarakat di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ...