Home / Headline / Gandeng Klinik Ummat, ACT Kembangkan PHC di Palembang

Gandeng Klinik Ummat, ACT Kembangkan PHC di Palembang

Gandeng Klinik Ummat, ACT Kembangkan PHC di Palembang

Palembang, BP

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di Palembang, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan mengembangkan Public Health Centre (PHC). PHC ini sendiri menggandeng Klinik Ummat yang beralamat di Pondok Palm Indah Blok E1 No.12 Perumnas Talang Kelapa, Palembang. Ini ditandai dengan dilakukannya pelayanan kesehatan untuk masyarakat sebagai bentuk launchingnya.

“Kita sengaja mengadakan pelayanan kesehatan untuk ibu hamil pada dua hari (22, 23/12) sebagai tanda dimulainya program ini, karena bertepatan dengan Hari Ibu,” ujar Yusmiawati, bagian program ACT Sumsel, Minggu (23/12).

Baca:  Ishak-Yudha Resmi Terima SK Dan B1KWK Dari DPP PPP

Dia mengatakan bahwa pelayanan kesehatan untuk ibu hamil ini ada berbagai macam program seperti pemeriksaan dengan alat Ultra Sonografi (USG), konsultasi kehamilan, konsultasi kesehatan ibu dan anak, serta pemberian vitamin untuk ibu Hamil.

“Program ini akan terus berlanjut, ke depannya, Klinik Ummat ini akan terus kita ajak sebagai mitra kita dalam pelaksanaan program kesehatan,” terang Mia.

Bahkan menurut dia, pihaknya sedang mempersiapkan Memorandum of Understanding (MoU) agar ada kerjasama permanen sehingga ke depannya setiap hari mereka yang tidak mampu akan tetap bisa dilayani di klinik ini.

Baca:  Dua Tim Pemenangan Jokowi Amin dan Prabowo-Sandi di Sumsel Gelar Nobar Debat Capres 

 Sementara itu, pengelola klinik dr. Hj. Rika Handayani, Sp.OG mengatakan bahwa adanya program yang dilakukan selama dua hari ini sangat bagus sekali khususnya untuk Ibu hamil. Menurutnya, masih banyak Ibu hamil yang belum terlalu memahami bahwa pemeriksaan USG sebenarnya perlu dilakukan sejak dini”. 

“Pemeriksaan USG sendiri sebenarnya memang direkomendasikan oleh WHO, minimal ada empat kali pemeriksaan melalui USG selama kehamilan, ini bertujuan membentuk kualitas gizi, kesehatan, serta kecerdasan sang anak bahkan sebelum dia lahir,” lanjutnya.

Rika sangat mendukung apabila ACT akan mengadakan program lanjutan lainnya. Dia menambahkan, selain program USG kandungan, program lain yang direkomendasikannya yaitu pemeriksaan Ginekologi atau sejenis program IVA (Inspeksi Visual Asetat) yang ditujukan untuk para wanita yang ingin memeriksakan kondisi daerah kewanitaannya, guna mencegah adanya penyakit berbahaya.

Baca:  Tidak Ada Alasan Tidak Registrasi Sengketa Pilgub Sumsel

PHC merupakan sebuah pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu dan tidak tercover BPJS. Melalui  PHC ini, ACT juga berencana menggandeng BPJS Kesehatan agar mereka yang tidak mampu, selanjutnya mendapatkan jaminan kesehatan dengan diterbitkannya Kartu Indonesia Sehat. Agar kita juga dapat membantu mempercepat program pemerintah.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tak Diberi Uang Untuk Beli Shabu, Nyaris Bunuh Ibu Kandung

Palembang, BP–Lantaran tak diberi uang untuk membeli shabu dan ponsel, Priyansah alias Yansah (28) nyaris membunuh ibu kandungannya, Suwarti (80). ...