Home / Palembang / Perlancar Transportasi Air, Sungai Musi Harus Dikeruk

Perlancar Transportasi Air, Sungai Musi Harus Dikeruk

Palembang, BP — Sebagai pelabuhan besar, Boom Baru sejauh ini masih dinilai aman untuk menampung kapal dan ribuan kontainer. Hanya saja, untuk mempertahankan eksistensi perlu dilakukannya pengerukan dasar sungai agar lalu libtas kapal besar aman.

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono mengatakan, pelabuhan Boom Baru Palembang masih bisa menampung kapal yang masuk ke pelabuhan sampai 10-15 tahun kedepan. Namun, perencanaan untuk memperdalam sungai harus segera dilakukan.

Baca:  Produk Hukum Reklamasi Sudah Terbit Sejak 2003

Bambang mengatakan, saat ini jumlah kontainer yang masuk ke Pelabuhan Boom Baru sejumlah 1700 kontainer. “Kapasitas Boom Baru ini masih aman, tinggal kita perdalam sungainya saja, agar kapal-kapal besar bisa masuk ke terminal Boom Baru Palembang,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Boom Baru, Jumat (14/12).

Dia mengatakan, pengerukan kedalaman sungai harus dilakukan agar bisa mempercepat pengiriman barang logistic dan akan lebih efisien untuk kedepannya. “Nah solusi sudah ada dan semoga bisa segera dilaksanakan dan semoga kapal besar bisa lancar keluar masuk Palembang, sehingga dapat membantu perekonomian kota,” jelasnya.

Baca:  DPR RI Tidak Akan Revisi UU Pilkada

Kendati saat ini situasi Pelabuhan Boom Baru masih aman, namun antisipasi terjadinya overload harus segera diatasi sedini mungkin. “Kemudian alur lalu lintas di Tanjung Api-Api maupun di pelabuhan ini sudah terjadi pendangkalan yang hebat, bisa membahayakan, maka dari itu harus segera dibenahi agar keselamatan dapat terjaga,” terangnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Aset Bank Mantap Ditarget Tumbuh Hingga 42 Persen

Palembang, BP — Bank Mandiri Taspen (Mantap) yang sudah berganti nama sejak akhir 2017 itu terus melebarkan sayapnya dan menargetkan pertumbuhan ...