Home / Palembang / Jembatan Musi VI Tidak Efisien Urai Kemacetan

Jembatan Musi VI Tidak Efisien Urai Kemacetan

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo didampingi Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Kiagus Syaiful Anwar, saat meninjau Jembatan Musi IV, Jumat (14/12).

Palembang, BP — Pembangunan Jembatan Musi IV telah rampung dan direncanakan diresmikan akhir Desember ini oleh Presiden RI. Hanya saja jembatan tersebut dinilai terlalu sempit dan hanya mampu memecah kemacetan 10 tahun kedepan saja.

Jembatan yang menghubungkan Jalan Slamet Riyadi ke Jalan Ahmad Yani ini dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo, bahwa badan jembatan terlalu sempit. Berada di ketinggian 112 km di atas permukaan laut, jembatan di atas sungai seperti Musi ini harus tinggi agar bisa dilewati kapal Batu Bara dan CPO.

Baca:  Air Musi Deras, Tiang Pancang Musi VI Lambat

“Jembatan saat ini hanya 2 jalur dan 2 lajur ke Ulu dan Ilir, harusnya 2 jalur dan 4 lajur, sehingga jrmbatan lebih luas dan daya tampung kendaraan lebih banyak dan mengurai kemacetan lebih cepat,” katanya dalam kunjungan kerja ke Palembang dan meninjau pembangunan Jembatan Musi IV, Jumat (14/12).

Sigit menilai, dengan 2 jalur jalan saat ini bisa berpotensi tidak tertampungnya kendaraan. Dikhawatirkan terjadi seperti di Kalimantan dan Tuban, jembatannya roboh akibat overload beban. “Bisa memecah kemacetan tapi jangka pendek, hanya 10-15 tahun,” jelasnya.

Baca:  DPRD Sumsel Harapkan 19 Juni Jembatan Musi IV Dan VI Bisa Tersambung

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN V, Yudian Budi Krisna mengatakan, panjang jembatan ini 1.130 dengan lebar jalan 12 meter, tinggi jembatan sampai permukaan air 12 meter dan 30 meter jalan akses pendekat. Ia mengakui jika pembangunan Jembatan Musi IV memang tidak optimal.

“Seharus Jembatan Musi IV dibangun dari Jalan Selamet Riyadi sampai Ahmad Yani, tapi terbangun hanya bisa sampai Jalan Azhari,” jelasnya.

Baca:  Kontrak Pembangunan Musi IV Terancam Dipangkas Rp35 Miliar

Menurutnya, lantaran pembangunan jalan penghubung tidak sampai Ahmad Yani maka pihaknya belum menghitung kapasitas kendaraan yang akan melalui jembatan. “Jadi kita belum tau itu layak atau tidak. Tapi kita terima masukan dari DPR RI. Untuk pembangunan jembatan kembar Musi IV perlu kajian tidak bisa langsung,” katanya.

 

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V, Kiagus Syaiful Anwar mengatakan, bahwa memang akan disiapkan jembatan lagi yaitu Jembatan Musi III di Pulau Kemarau. Namun ini baru rencana, nunggu ada pendanaanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

SKK Migas dan PWI Sumsel Sinergikan Program

Palembang,BP–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) dan SKK Migas siap bersinergi dalam upaya peningkatan kualitas wartawan khususnya di Sumsel. ...