Home / Headline / Oesman Sapta: Pers Harus Berimbang

Oesman Sapta: Pers Harus Berimbang

Oesman Sapta Odang

Jakarta, BP–Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) menjelaskan, pertemuan dengan media atau wartawan merupakan agenda rutin DPD RI yang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir.

 Menurut Oesman,  tujuan pertemuan sebagai sarana bagi DPD RI untuk berkomunikasi dengan awak media mengenai isu strategis yang tengah berkembang dan menjadi perhatian publik.
 “Saya berharap DPD RI maupun pers bisa saling bertukar informasi dan pandangan mengenai masalah krusial dan urgen yang hangat dibicarakan,” ujar Oesman Sapta saat menutup acara pres gathering DPD RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen di Bali, Sabtu (8/12).
 Selain itu kata Oesman,  kegiatan ini diharapkan sebagai sarana menjalin silaturrahmi yang hangat dan akrab antara DPD RI dengan insan media.
Dikatakan,  dibentuknya DPD RI untuk memperkuat ikatan daerah-daerah dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memperteguh persatuan kebangsaan seluruh daerah.
“Hadirnya DPD RI dalam era reformasi merupakan konsensus bersama untuk membangun dan mensejahterakan daerah dalam NKRI,” katanya.
DPD RI dalam tataran internasional kata dia,  juga terlibat dalam promosi daerah di Luar Negeri dalam setiap kunjungan kerja alat kelengkapan maupun Pimpinan DPD RI.
Ditambahkan, kegiatan RDM juga merupakan salah satu peran DPD RI  mempromosikan daerah ke Luar Negeri. “Ke Depan DPD RI akan terus memperkuat konsolidasi dan koordinasi dengan kekuatan politik formal di parlemen khususnya dengan DPR RI dan membangun komunikasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi, LSM, Ormas, Ornop dan kelompok civil society,” tuturnya.
DPD RI juga menyadari pembangunan kantor di daerah penting  sebagai upaya memperkuat ikatan daerah dengan wakilnya di DPD. Kantor daerah juga akan memperkuat relasi rakyat di daerah dengan DPD RI sekaligus memediasi relasi kerja Pemerintah Daerah dengan DPD.
Oesman menampik yang menyebutkan selama ini kinerja DPD RI  secara simbolis, termasuk dalam fungsi representasi aspirasi masyarakat daerah dalam isu yang langsung berhubungan dengan rakyat.
Hal itu lanjut Oesman, tidak sepenuhnya benar. Penguatan fungsi dan wewenang DPD RI adalah sesuatu yang pasti akan terjadi karena inilah takdir sebagai bangsa dan negara yang terdiri dari keberagaman.
Ditegaskan,  kebutuhan terhadap penguatan DPD RI akan menjadi isu seluruh bangsa. Kita hanya perlu mendorongnya terus dan mengambil langkah sistematis dan terstruktur menuju ke arah Format DPD RI yang ideal.
 “Peran media sangat besar di sini. Ini adalah tugas dan amanah sejarah untuk menyempurnakan bikameralisme Indonesia dan mengembalikan karakter keberagaman Indonesia dalam struktur kenegaraan kita. Yang jelas pers harus berimbang,” paparnya. duk
Baca:  DPD RI Minta Dukungan Parpol Untuk Penguatan Kewenangan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Kecamatan IT II dan Kecamatan IT III Minta Kolam Retensi Kepada DPRD Sumsel

Palembang, BP       Beberapa  titik di Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan IT III Palembang nyaris dilanda banjir setiap musin penghujan ...