Home / Headline / Komisi III DPRD Sumsel Akui Sudah Lama Ingatkan Permasalahan Keuangan Tiga BUMD

Komisi III DPRD Sumsel Akui Sudah Lama Ingatkan Permasalahan Keuangan Tiga BUMD

BP/IST
Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Sutikno

Palembang, BP

Terjadinya penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada komponen Hasil Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan,  lantaran ada beberapa BUMD yang mengalami permasalahan keuangan perusahaan. Adapun BUMD yang mengalami permasalahan keuangan tersebut  seperti PD. Prodexim,  PT. Bank BPR dan,  PD. Tambang dan Energi (PDPDE).
Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Sutikno mengakui permasalahan tiga BUMD tersebut sudah lama di bahas Komisi III DPRD Sumsel .
“ Ini sebetulnya kurang komitmen  kuat , dari dulu sudah diomongkan  dan laporan komisi III bisa di lacak, bahkan di BPR semenjak petunjukan komisaris itu , sudah tidak setuju Komisi yaitu pak Abdul Shobur, komisaris itu harus pintar di bidangnya itu , bahkan pak almarhum Nasrun Madang sempat marah marah di OJK, Komisaris itu melototin kerja pengurus BPR itu , bagaimana mungkin komisaris enggak tahu perbankan ,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel Agus Sutikno, Senin (3/12).
Permasalahan keuangan yang di hadapi BPR menurut Agus adalah keseimbangan antara uang  di pihak ketiga  dan kredit yang di berikan , ini kreditnya tidak bagus yaitu macet, pemberiannya belum waktunya diberikan tapi tetap di berikan sehingga pembayarannya tersendat.
“ Kalau komisaris pinter, khan ada laporan  bulannya, nah ini tanda tanda nunggak , mesti membuat catatan kepada direksi, khan begitu, kalau komisarisnya nunggu saja ,”kata Ketua DPW PPP Sumsel ini.
Pihaknya dulu pernah mengatakan, tiga BUMD itu harus dilakukan penyehatan.
“Sama seperti Prodexim, itu khan sudah lama komisi III minta tutup, masih minta waktu, masih minta ini dan itu, BPR kita mengingatkan waktu itu biaya operasional terhadap pendapatan operasional tinggi banget, buka aja di laporan komisi , sudah lama kita itu , Prodexim itu mulai kasus SPBU, PDPDE pernah kita ingatkan itu ,” katanya.
Karena pihaknya akan melihat ini nanti terutama Gubernur Sumsel yang baru dan jajarannya bagaimana untuk memperbaikinya.#osk
Baca:  Kondisi Angin di Lapangan Turut Pengaruhi Kemenangan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Kecamatan IT II dan Kecamatan IT III Minta Kolam Retensi Kepada DPRD Sumsel

Palembang, BP       Beberapa  titik di Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan IT III Palembang nyaris dilanda banjir setiap musin penghujan ...