Home / Palembang / SKD Menuju SKB, BKN Tetapkan Empat Level Verifikasi

SKD Menuju SKB, BKN Tetapkan Empat Level Verifikasi

Peserta tes SKD CPNS 2018 di Kantor BKN Regional VII Palembang.

Palembang, BP — Demi menjaring peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sesuai regulasi dan benar-benar memenuhi persyaratan, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan perangkingan dengan sistem verifikasi dan validasi dengan empat level.

Kesubag Hubungan Media dan Antar Lembaga Humas BKN Pusat, Diah Eka Palupi mengatakan,saat ini BKN sedang menghandel proses verifikasi dan validasi. Proses ini dilakukan agar nama-nama yang berhak mengikuti SKB adalah yang memenuhi segala persyaratan.

“BKN saat ini sedang melakukan verifikasi dan validasi peserta tes Seleksi Kopetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. Untuk mengetaui siapa saja yang lulus dan bisa ikut tes SKB, kita lakukan itu dengan sistem dan melalui empat level verifikasi,” katanya, saat kunjungan ke Kantor BKN Regional VII Palembang, Kamis (29/11).

Baca:  27.443 Peserta SMA dan 8.203 S1 Ikuti Tes Lanjutan

Diah menjelaskan, verifikasi dimulai dari level empat. Pada level ini verifikasi dan validasi akan dilakukan oleh Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kedeputian, Pengawasan dan Pengendalian. Level tiga, dilakukan oleh JPT Pratama di luar Kedeputian, Pengawasan dan Pengendalian. Level dua, Esselon 1 di BKN dan kemudian level satu verifikasi oleh Kepala BKN.

“Setelah di verifikasi oleh kepala BKN, nantinya data-data peserta SKD diberikan ke instansi untuk dirilis nama-nama yang lulus SKD kemudian ikut SKB,” jelasnya.

Baca:  Ribuan Pelamar S1 Rebutkan Kuota 43 Kemenkumham Sumsel

Proses yang harus melalui empat level tersebut dilakukan untuk “zero mistake”. Menurutnya, pihaknya melakukan hal tersebut untuk menghindari salah satunya dugaan permainan di tingkat instansi. “Jangan sampai ada orang yang masuk SKB padahal secara regulasi tidak memenuhi persyaratan,” tegasnya.

Diah menambahakan, Update sampai 28 November jam 19.30, instansi yang sudah sampai verifikasi level 1 Kementerian Desa, Kementerian ESDM, Mahkamah Agung, LAN, Lapan, Bapeten, BNTT, Daerah Kabupaten Samosir, Kampar, Bengkalis, Indragiri Ulu, Indragiri Ilir, Pelalawan, Pemprov Riau.

BKN mengimbau, masyarakat bisa memantau update informasi kelulusan CPNS dapat dilihat di twitter BKN. Berdasarkan update terbaru dalam laman twitter BKN @bkngoid pada 29 November pukul 11.00, yang sudah masuk ke verifikasi dan validasi tahap empat ada 361 instansi, level tiga 26 instansi, level dua 3 instansi dan level empat ada 164 instansi.

Baca:  Waspada Berita Hoax Penerimaan CPNS

Pengumuman kelulusan akan diumumkan oleh instansi yang membuka rekrutmen, melalui website resmi instansi penerima CPNS tersebut. Jadi jangan percaya jika ada website di luar instansi terkait. Masyarakat harus teliti, jangan langsung percaya bahkan jika diminta bayar. Karena proses ini tidak ada syarat 1 rupian pun.

“SKB akan dilakukan mulai 4 Desember. Kemudian keputusan teknis akan ditentukan masing-masing instansi tanggal berapa pelaksanaan SKB instansi tersebut,” jelasnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Anak-anak Disabilitas Diajak Keliling Naik LRT

Palembang, BP — Puluhan anak-anak disabilitas atau berkebutuhan khusus diajak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang untuk ...