Home / Headline / Palembang Dapat Predikat Kota Pusaka

Palembang Dapat Predikat Kota Pusaka

BP/ Dudy Oskandar
Suasana acara kumpul kumpul sahabat cagar budaya dengan tema kota pusaka di Lapangan UIN Raden Fatah Palembang, Jumat (23/11).

Palembang, BP

Palembang kini berpredikat  sebagai kota pusaka, kota pusaka sendiri  adalah kota yang didalamnya terdapat kawasan cagar budaya dan atau bangunan cagar budaya yang memiliki nilai-nilai penting bagi kota, menempatkan penerapan kegiatan penataan dan pelestarian pusaka sebagai strategi utama pengembangan kotanya.

 
Menurut arsitek ahli cagar budaya kota Palembang, Evy Apriani mengatakan, kalau kota Palembang masuk sebagai kota pusaka di Indonesia, bersama 57 negara lainnya.
“Kreteria khusus enggak ada yang penting kota itu memiliki nilai sejarah , ada situs situs dan ada sejarah seperti Palembang ada sejarah Kesultanan Palembang, Kerajaan Sriwijaya, kita memiliki bangunan kolonial dan sebagainya, ” katanya usai acara kumpul kumpul sahabat cagar budaya dengan tema kota pusaka di Lapangan UIN Raden Fatah Palembang, Jumat (23/11).
 
Selain itu pihaknya tengah mengupayakan pelestarian cagar budaya di kota Palembang apalagi Pemerintah Kota Palembang sedang berupaya mengusulkan untuk membuat peraturan cagar budaya di kota Palembang.
 
“Pak Wali dan bu wakil walikota berkeliling melihat tempat bersejarah, ini positip sekali untuk masyarakat karena pemimpin kita sangat melindungi cagar budaya, ” katanya.
 
Dia bersama pihak terkait bersama sama dengan pemerintah kota Palembang ingin melestarikan cagar budaya di kota Palembang.
 
Selain itu untuk sebuah kota menjadi kota pusaka menurutnya bisa melalui pemerintah mendaftarkan diri psebagai kota pusaka.
 
” Disini ada program pelestarian kota pusaka itu sendiri dikenal dengan P3KP, ” katanya.

Mengenai acara  kumpul kumpul sahabat cagar budaya  dia menilai positip.
” Kegiatan ini sudah sekian kalinya dan kita lakukan setiap tiga bulan sekali untuk semua kalangan, hari ini dengan mahasiswa UIN Raden Fatah, bisanya kami umun semua, ” katanya.
Malahan respon kawula muda dengan kegiatan ini menurutnya positip sehingga mereka bwrsemangat menebarkan virus cinta cagar budaya ke kawula muda, ” katanya.#osk
Baca:  Anggaran Perbaikan Jalan Rusak Di Sumsel Jadi Prioritas
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga 2 RT Protes Pembangunan 5 Lantai UIN Raden Fatah

Palembang, BP Proyek pembangunan gedung 5 lantai milik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah (RF) yang proses pembangunan sudah berlangsung ...