Home / Headline / Rakyat Harus Cerdas dan Realistis Memilih Presiden

Rakyat Harus Cerdas dan Realistis Memilih Presiden

Agun Gunanjar Sudarsa

Jakarta, BP–Ketua Fraksi Golkar MPR RI Agun Gunanjar Sudarsa mengatakan, pemilihan presiden adalah memilih pemimpin negara yang memahami soal kebutuhan rakyat, serta memiliki jiwa Pancasila.  Rakyat harus cerdas memilih pemimpin,  karena masa depan bangsa di tangan rakyat.

“Rakyat mesti realistis memilih pemimpin. Cermati dengan seksama siapa sosok calon presiden yang layak menjadi pemimpin bangsa. Yang kita pilih bukan pemimpin agama atau  pemimpin ibadah,” ujar Agun di ruangan wartawan DPR Jakarta, Jumat (16/11) dalam sebuah diskusi bertajuk Etika Politik Pilpers.

Baca:  Ma'ruf Cahyono: Mahasiswa Harus Menjadi Pelopor Pelaksanaan Pancasila

Seharusnya kata Agun, pembicaraan soal keagamaan, suku dan ibadah tidak relevan lagi di abad ini, mengingat Indonesia telah merdeka 73 tahun lalu dan pembicaraan tentang keberagaman serta toleransi dianggap telah selesai.  “Biarkan mereka beribadah sesuai dengan keyakinannya,” katanya.

 Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, negara tetangga sudah melaju dan sampai ke planet sedangkan Indonesia masih berkutat membahas soal agama dan intoleransi, sehingga jauh tertinggal dengan negara lain. “Negara asing sudah memikirkan jauh hingga ke planet mars, sedangkan kita masih sekitar ibadah dan keagamaan. Pembahasan tentang merasa yang paling pancasila, menuduh radikalisme dan intoleransi mestinya tidak ada lagi,” tegas Pangi.

Baca:  Wakil Ketua MPR: Medsos Diisi Berita Hoax

Menurut Pangi, sindiran yang dilakukan para politisi dan capres dengan ucapan sontoloyo, genduruwo dan boyolali tidak seharusnya diucapkan. Hal itu justru bisa merugikan capres atau politisi. “Gak usahlah menggunakan kata-kata yang menyindir. Tapi jelaskan kepada rakyat yang sudah dan akan dikerjakan. Yang jelas, lebih kepada ide dan gagasan,” paparnya. #duk  

Baca:  MPR Usulkan Sosialiasi 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Nilai Kenaikan PBB di Palembang Tidak Wajar, Bila Perlu Walikota Harus Mundur

Palembang, BP Anggota Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Elianuddin HB menilai kenaikan Pajak Pajak dan Bumi (PBB) di kota ...