Home / Headline / Cegah Banjir, Perda Rawa Harus Ditegakkan

Cegah Banjir, Perda Rawa Harus Ditegakkan

BP/IST
Plt Ketua DPRD Provinsi Sumsel M Yansuri

Palembang, BP

Plt Ketua DPRD Sumsel M. Yansuri menilai butuh biaya besar untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda Kota Palembang. Salah satunya dengan membangun pintu-pintu air di muara Sungai Musi.
Dikatakannya, dengan membangun pintu air, nantinya jika air sungai pasang dan curah hujan tinggi, pintu air tersebut bisa ditutup.
“Ini butuh biaya sangat besar, tetapi bisa untuk diguyuri pembangunannya,” kata Yansuri, Kamis (15/11).
Menurut Yansuri, Sungai Musi memiliki karakter yang unik, karena airnya tidak hanyut ke hilir, tetapi juga ke hulu, nah pada saat ke hulu, airnya masuk ke anak-anak sungai sampai ke pemukiman penduduk.
“Parahnya, daerah rembesan air di Kota Palembang sudah semakin berkurang, rawa-rawa sudah banyak ditimbun,” katanya.
Yansuri menduga, peraturan daerah (Perda) tentang rawa yang ada di Kota Palembang tidak berjalan maksimal. “Saat saya di DPRD kota, itu (Perda rawa) sudah ada, tinggal pelaksanaannya di lapangan,” kata Yansuri.
Sementara itu, pengamat sosial politik Sumsel Bagindo Togar menilai, semakin parahnya banjir di Kota Palembang disebabkan oleh sistem drainase kota yang sangat buruk, ditambah dengan pompa yang tidak terawat dan kemungkinan rusak, sehingga tidak berfungsi saat turun hujan.
Selain itu, kita juga minim lahan atau lokasi resistensi air, kemudian pengangkutan dan pengelolaan sampah yang masih konvensional.
“Kemudian kita juga masih minim dan kurang meratanya ruang terbuka nan hijau,” ujarnya.
Untuk mengantisipasi banjir yang semakin parah ini kata Bagindo, perlu dilakukannya review RDTRK, kemudian gerakan massif kampanye sadar berperilaku hidup bersih, lalu dibutuhkan penegakan sanksi tanpa kompromi yang merusak tata ruang dan kebersihan kota.
“Pemerintah juga perlu melakukan evaluasi dan kajian tentang penataan (khususnya terkait masalah banjir) secara berkala minimal dua kali setahun,” pungkas Bagindo.#osk
Baca:  Setiap Transaksi OPD Palembang Wajib Non Tunai
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Kecamatan IT II dan Kecamatan IT III Minta Kolam Retensi Kepada DPRD Sumsel

Palembang, BP       Beberapa  titik di Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan IT III Palembang nyaris dilanda banjir setiap musin penghujan ...