Home / Headline / DPRD Sumsel Jengkel, Badan Arsip Sumsel Tak Miliki Arsip Lama Kaitan Sejarah Sumsel

DPRD Sumsel Jengkel, Badan Arsip Sumsel Tak Miliki Arsip Lama Kaitan Sejarah Sumsel

BP/DUDY OSKANDAR
Anggota Komisi I DPRD Sumsel Elianuddin HB

Palembang, BP

Komisi I DPRD Sumsel mengaku jengkel dengan kinerja Badan Arsip Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang belum ada satupun dan arsip terutama arsip-arsip yang lama.

“Dinas arsip ini jangan jadi tempat orang-orang yang tidak berkompeten, tidak mengerti mengenai kearsipan, masalah sejarah Sumsel, berkaitan peninggalan arsip dengan Sumsel, peranan arsip itu  katakanlah semacam kotak pandora jangan dak keruan, seperti contoh  Jawa Tengah, DKI Jakarta di Jawa Tengah masalah perkeretaapian ada , ada film malah ada bisokopnya, masak kita minta masalah arsip Jembatan Ampera harus ke Jepang, Jepang minta bayar seharga Jembatan Ampera, gila enggak,” kata anggota Komisi I DPRD Sumsel Elianuddin HB, Senin (12/11) di DPRD Sumsel.

Baca:  Kapal Sriwijaya

      Dia mencontohkan, Jakabaring Sport City  yang banyak penyerahan venue-venue namun di Badan Arsip tidak memiliki arsipnya.

“ Termasuk arsip BOT Palembang Icon, Palembang Square, Pasar Cinde dan segala macam tidak ada arsipnya,” katanya.

      Karena itu melalui Gubernur Sumsel, politisi Partai Nasdem ini berharap konsep kearsipan dalam arti sebenarya dan penganggarannya dilaksanakan.

Baca:  Siska Marleni: Langkah Tegas DPD RI Perkuat Otonomi Daerah

“Kemarin kita bertemu kemarin dengan pihak Badan Arsip Sumsel dan pengakuan mereka data arsip belum ada, arsip ini dibutuhkan pada saat berkaitan masalah hukum dengan kejaksaan, kepolisian dan KPK,” katanya.

      Dan mulai sekarang pihak Arsip Sumsel mulai menggembok lemari arsip dimana dulu lemari arsip banyak tidak di gembok sehingga banyak arsip yang tidak diketahui keberadannya.

Baca:  Tim Kuasa Hukum RM Ishak Minta KPU Sumsel Tunda Rekapitulasi

“Kita minta orang ditempatkan di Badan Arsip bukan orang buangan  tapi orang yang mengerti dan memiliki latar belakang kearsipan,” katanya. osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelantikan Ketua DPRD Sumsel Tunggu SK Kemendagri

Palembang, BP Kapan pelantikan Ketua DPRD Sumsel belum dapat dipastikan. Pasalnya hingga kini, sekretaris DPRD Sumsel belum menerima Surat Keputusan ...