Home / Headline / Pemkab Muba Sukses Gelar Pilkades Serentak, 23 Kades Terpilih Dilantik Desember 2018
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin memantau langsung ke beberapa TPS Pilkades di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Dalam Kabupaten Muba.

Pemkab Muba Sukses Gelar Pilkades Serentak, 23 Kades Terpilih Dilantik Desember 2018

Sekayu, BP

Usai sudah tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Tercatat ada sebanyak 23 desa dari 10 kecamatan di bumi Serasan Sekate yang melaksanakan Pilkades tersebut.

“Alhamdulillah seluruh tahapan pilkades serentak dapat berjalan lancar, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stake holders terkait yang telah membantu  dalam pelaksanan pilkades serentak yang dilaksanakan kemaren  sehingga dapat berjalan tertib aman dan lancar sesuai dengan tahapannya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muba,  Richard Cahyadi AP, MSi, Minggu (11/11).

Berdasarkan hasil Pilkades Serentak yang baru selesai dilaksanakan, Richard mengaku, telah mengantungi 23 nama kepala desa yang terpilih dan pelaksanaan selanjutnya tentunya akan  direncanakan  pelantikan kades terpilih pada Desember 2018.

Selanjutnya  Richard Cahyadi menjelaskan tahapan yang dilakukan usai pemilihan tersebut yakni penetapan kades terpilih dan akan dilakukan mengacu kepada Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, tentang pemilihan kepala desa sesuai ketentuan pasal 47d  angka (8) bahwa tahapan pelaporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c.

Meliputi: pelaporan hasil pemilihan kepala Desa melalui musyawarah Desa kepada BPD dalam jangka waktu tujuh hari setelah musyawarah desa mengesahkan calon kepala Desa terpilih.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaporan calon kepala Desa terpilih hasil musyawarah Desa oleh ketua BPD kepada bupati dan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah menerima laporan dari panitia pemilihan;

Selanjutnya tahapan penerbitan keputusan bupati tentang pengesahan pengangkatan calon kepala Desa terpilih paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya laporan dari BPD; dan dikanjutkan dengan tahapan penjadwalan pelantikan kepala desa oleh bupati paling lama 30 hari sejak diterbitkan keputusan pengesahan pengangkatan calon kepala desa terpilih dengan urutan acara pelantikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu Ricard Cahyadi menambahkan bahwa kades terpilih yang akan dilantik rencananya di bulan Desember 2018, dan akan dilantik langsung oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

Selain itu dari  23 kades yang telah terpilih yang akan dilantik di bulan  Desember tahun 2018, sebanyak 21 kepala desa, sedangkan dua kades terpilih lainnya yakni Kecamatan Lalan yakni Desa Galih Sari dan Desa Madya Mulia akan dilakukan pelantikan pada Februari 2019 mendatang.

Mengingat dua kades di Lalan tersebut masa jabatannya baru habis diawal tahun  2019 nanti, jadi khusus dua desa tersebut pelantikannya akan dilakukan Februari.

Adapun daftar nama Kepala Desa terpilih yakni di antaranya Jaya Agung Kecamatan Lalan: Karsipin (233 suara), Sumber Rejeki Kecamatan Plakat Tinggi, Musgani (334 Suara), Sido Mulyo Kecamatan Tungkal Jaya: Suwito (356 Suara).

Mekar Sari Kecamatan Keluang: Susanto (128 Suara), Sridamai Kecamatan Keluang : Darlin Basri (192 Suara), Sinar Tungkal Kecamatan Tungkal Jaya : Indra Gunawan (497 Suara), Bangkit Jaya Kecamatan Jirak Jaya: Sidik (151 Suara).

Madya Mulya Kecamatan Lalan : Suwardi (411 Suara), Sinar Jaya Kecamatan Jirak Jaya: Alexander (510 Suara), Nusa Serasan Kecamatan Sungai Lilin : Rudi Hartono (1.268 Suara).

Kemudian, Galih Sari Kecamatan Lalan: Sarji (696 Suara), Wonorejo Kecamatan Bayung Lencir : Sumitro (648 Suara), Lubuk Harjo Kecamatan Bayung Lencir: Khamdi (799 Suara), Talang Simpang Kecamatan Jirak Jaya: Darmadi (210 Suara).

Desa Jirak Kecamatan Jirak Jaya: Iskandar Kamarullah (784 Suara), Suka Damai Baru Kecamatan Sungai Lilin : Suripno (465 Suara), Suka Maju Kecamatan Plakat Tinggi : Imam Ayatullah (626 Suara), Seratus Lapan Kecamatan Babat Supat : Silahudin (436 Suara), Supat Timur Kecamatan Babat Supat: Heri Diandi (665 Suara).

Ulak Paceh Kecamatan Lawang Wetan : Marzuani (620 Suara), Macang Sakti Kecamatan Sanga Desa : Aripai (398 Suara), Babat Ramba Jaya Kecamatan Babat Supat : Dedi Aswari (308 Suara), dan Mulya Agung Kecamatan Lalan : Yamidi (306 Suara).

Sebelumnya, pada kesempatan pelaksanaan pilkades, Sabtu (10/11), Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin memantau langsung ke beberapa TPS Pilkades di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Dalam Kabupaten Muba.

Dodi Reza Alex di saat monitoring pilkades serentak mengimbau, kepada seluruh calon kades untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat proses pilkades berlangsung.

“Mari kita tuntaskan tahapan pelaksanaan pilkades serentak sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku sehingga diharapkan pilkades berjalan Kondusif Aman dan terkendali dan mengingat daerah yang kita banggakan ini terus tercipta ‘zero konflik’ dan daerah kita ini sebagai Penyelenggara Pilkades Serentak yang dapat menjadi percontohan bagi dari daerah lain,” katanya. Oarf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Kecamatan IT II dan Kecamatan IT III Minta Kolam Retensi Kepada DPRD Sumsel

Palembang, BP       Beberapa  titik di Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan IT III Palembang nyaris dilanda banjir setiap musin penghujan ...