Home / Headline / Pergub Angkutan Batubara Baru Dikeluarkan Herman Deru, DPRD Sumsel Apresiasi.

Pergub Angkutan Batubara Baru Dikeluarkan Herman Deru, DPRD Sumsel Apresiasi.

BP/IST
Ketua Komisi IV DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati

Palembang, BP

Komisi IV menyikapi penghentian angkutan oleh Gubernur Sumatera Selatan ( Sumsel ) Herman Deru yang merupakan janji politik gubernur terpilih , DPRD Sumsel mengapresiasi hal tersebut
“Sepanjang itu untuk kepentingan orang banyak kami setuju. Karena memang angkutan batubara yang sekarang ini tidak sesuai dengan Peraturn Daerah (Perda) No 5 Tahun 2011, dalam Perda itu disebutkan angkutan khusus batubara itu diberikan waktu selama dua tahun untuk pemberlakukan perda ini dan untuk perjalanannya di keluarkanlah Pergub. Namun yang paling inti adalah wajib menggunakan tanda nomor kendaraan provinsi Sumsel, ini dibunyikan dalam perda tersebut, ” kata Ketua Komisi IV DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati, Senin (5/11).
Politisi Partai Golkar ini  mengaku pada kunjungan Komisi IV beberapa waktu lalu yang melintasi di jalan antara Lahat sampai ke Palembang, ditemukan bahwa angkutan batubara banyak diangkut oleh truk yang nomor polisinya diluar nomor Sumsel.
“Artinya memang ini harus ditertibkan, karena masyarakat sudah sangat resah dengan angkutan batubara ini. Jadi DPRD tentu menyambut baik apabila peraturan ini akan ditertibkan kembali,” katanya.
Untuk jalan khusus batubara yang ada di Servo, menurutnya juga harus dilihat dulu kemampuannya, apakah jalan itu sudah mencukupi dan menampung semua yang mempunyai porduksi batubara yang diangkut oleh angkutan batubara sampai ke palebuhan, apakah mereka juga sudah menyiapkan stockfile.
“Tentunya secara logika, kalau 10 perusahaan memakai jalan servo, otomatis PT Servo harus menyiapkan stcokfile sesuai dengan perusahaan.Kalau setiap perusahaan angkutan batubara dikenakan biaya untuk melewati jalan khusus itu, ya pasti. Karena servo adalah pihak ketiga yang menyiapkan jalan khusus untuk angkutan batubara. Karena tidak mungkin mereka melewati jalan yang dibangun  oleh Servo  itu secara gratis, ” katanya.
Tapi itu menurutnya juga harus dikelola dengan baik, bagaimana kesiapan dari PT Servo sendiri. Sehingga memang, penutupan ankutan batubara itu harus betul betul dikembalikan kepada peraturan daerah.
“Kalau betul-betul di stop itu juga rasanya perlu dipertanyakan. Pertama mereka yang puyta izin pertambangan itu sesuai dengan undang – undang. Tapi memang memang angkutannya itu yang perlu di stop. Karena kalau tidak diberikan sanksi seperti ini oleh gubernur, mereka tidak akan menghormati perda yang sudah dibuat, ” katanya.#osk
Baca:  Usai Asian Games, JSC Ditutup Untuk Umum
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Belman Karmuda Tutup Usia

Palembang, BP Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga Kepala Biro Kesra Setda Sumsel Belman Karmuda meninggal ...