Home / Palembang / Mulai 1 Desember, Naik LRT Cukup Tempel dan Jalan

Mulai 1 Desember, Naik LRT Cukup Tempel dan Jalan Wajib Pakai Uang Elektronik

Palembang, BP — Mulai per 1 Desember 2018, seluruh pengguna transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan wajib menggunakan kartu uang elektronik atau KUE. Hal tersebut dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang bertujuan guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan.

Manager Operasi dan Komersial PT KAI Divre III Palembang Sri Miyanto menjelaskan, untuk penumpang yang sering menggunakan sepur dipucuk, langkah tersebut tentunya dianggap tak masalah. Bahkan, penumpang tidak perlu lagi direpotkan dengan penggunaan uang tunai, apalagi jika membutuhkan uang kembalian.

“Jadi mulai 1 Desember nanti, setiap penumpang wajib memakai kartu uang elektronik jika ingin naik LRT Sumsel. Itu sebenarnya menjadi lebih mempermudah karena cukup tempel dan jalan,” ujar Miyanto, Jumat (2/11).

Baca:  Waskita Janjikan 24 KM Jalan Mulus

Menurut dia, dengan adanya pemberlakuan tersebut memang awalnya akan berdampak kepada antusias penumpang. Dimana pada awal penerapan penggunaan KUE itu bisa membuat terjadinya penurunan pengguna transportasi modern di Kota Palembang ini.

“Bisa terjadi penurunan, akan tetapi itu menjadi target kami bagaimana masyarakat di Sumsel untuk menggunakan kartu uang elektronik,” kata dia.

Dikatakan dia, penerapan pembayaran non tunai ini juga sebagai efektifitas dan mendukung program pemerintah dalam program Gerakan Non Tunai atau Cashless. Penyedian KUE sendiri berasal dari lima bank yang telah bekerjasama dengan pihaknya, mulai dari BSB, BNI, BCA, Mandiri dan BRI.

Baca:  Fasilitas di Zona Lima LRT Palembang Terus Dikebut

Ia mengatakan, kartu uang elektronik tersebut untuk penggunaan pertama diaktivasi terlebih dahulu di loket stasiun-stasiun LRT Sumsel di Kota Palembang agar terbaca di sistem gate pada saat Tap In.

“Namun, bagi warga yang kaget akan pemberlakuan ini dan kesulitan untuk memiliki KUR, sehingga tiap loket di Stasiun LRT nantinya kita sediakan dengan bank-bank yang telah bekerjasama itu,” jelasnya.

Untuk saat ini, sambung Miyanto, pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat memakai KUE ketika ingin naik LRT Sumsel. Selain itu juga, pihaknya tetap melakukan koordinasi penyediaannya dan diingatkan penggunaan KUE pun satu kartu hanya berlaku untuk satu penumpang.

Baca:  Sidak ke Stasiun Bandara, Komisi V Kritisi Subsidi LRT

“Kami harap dengan sosialisasi penggunaan kartu uang elektronik lebih awal ini, masyarakt bisa menyiapkan diri sebelum pemberlakuan tersebut diterapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti menambahkan, sejak 19 Oktober 2018 lalu, sebanyak 13 stasiun LRT di Palembang sudah melayani untuk naik dan turun penumpang. Tentu ini memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memilih stasiun terdekat sebagai tempat naik dan turun dalam menggunakan LRT sebagai sarana transportasi.

“Pastinya kami akan terus melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Aida. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MEDCO PEDULI SENTUH PENANGANAN PSIKOSOSIAL

Jakarta, BP Medco Peduli terus membantu para korban gempa bumi dan tsunami Kota Palu, Sigi dan Donggala. Sejak awal bencana, ...