Home / Bisnis / Hisap Amonia PT Pusri Palembang, 25 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Hisap Amonia PT Pusri Palembang, 25 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Palembang, BP

Sedikitnya 25 warga Jalan Sultan Agung 1 Ilir yang tinggal di sekitar Pabrik PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak menghisap amonia, Kamis (2/11) sekitar pukul 20.00.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, kemarin malam bau amonia sangat kuat bahkan beberapa menit saja menghisap sudah mulai pusing dan sesak napas. Warga yang tidak tahan kemudian dilarikan ke rumah sakit Pusri.

Dari keterangan warga sekitar, mereka daru lahir sudah mencium aroma amonia yang hingga sekarang selalu tercium. Namun kemarin malam baunya sangat pekat dan seperti terjadi kebocoran pada pabrik.

“Parah mas, semalam memang ada satpam dan mobil ambulan datang, tapi beberapa warga masih cukup banyak yang tidak mendapatkan penanganan, karena tidak tau ada ambulance,” kata salah satu warga Analika.

Demikian dikatakan warga lainnya, Oman. Menurutnya Pusri harus diuji kelayakan lingkungan lagi, karena saat setiap hujan bau amonia ini seperti makin ditambah, dan parahnya bau ini sangat kuat.

“Harusnya pemerintah turun tangan, cek lagi tingkat kelayakannya. Bila perlu pindahkan saja pabriknya, karena turun temurun warga di sini hidup tak nyaman,” katanya.

Manager Humas PT Pusri Palembang Hernawan L Sjamsudin diklarifikasi membenarkan adanya warga yang dilarikan ke rumah sakit, dan pihaknya melakukan penjemputan.
Saat ini semua warga sudah pulang ke rumah masing-masing, dan hari ini akan ada pengecekan kesehatan. “Ini sumbernya dari Pabrik 1 B, kejadiannya saat mau star up,” katanya. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...