Home / Palembang / Telah Melewati Batas Waktu, Imuninasi MR tetap Gratis

Telah Melewati Batas Waktu, Imuninasi MR tetap Gratis

Pemberian imunisasi Measles dan Rubella oleh petugas Puskesmas Alang-Alang Lebar.

Palembang, BP — Imunisasi Measles dan Rubella (MR) telah memasuki masa akhir dari agenda yang ditetapkan. Meskipun nantinya telah melewati batas waktu, Dinas Kesehatan Kota Palembang memastikan vaksinasi MR di puskesmas tetap gratis.

Program imunisasi MR ditetapkan pemerintah pusat Agustus hingga September. Namun, lantaran capaian rendah meski pemberian MR sudah dua bulan, akhirnya waktu vaksinasi Campak dan Rubella ini ditambah satu bulan penuh pada Oktober.

Baca:  Tiga Pimpinan Media Bekali Jurnalis di Kompetisi Menulis 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia mengatakan, pemberian vaksin MR ini sempat tertunda dan kehilangan kepercayaan dari para orang tua yang memiliki anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Hal itu karena masalah kehalalan vaksin tersebut diragukan. Namun, meskipun MUI telah mengeluarkan fatwa membolehkan, tetapi capaian tetap saja rendah.

“Hingga 30 Oktober capaiannya 59,4 persen dari target 336 ribu anak. 31 Oktober ini akhir dari agenda pemberian vaksin yang ditetapkan pemerintah,” katanya, Rabu (31/10).

Baca:  Ratusan Baleho Tak Berizin Segera Ditertibkan

Meski demikian, kata Letizia, pemberian imunisasi tetap akan dilakukan di semua puskesmas dan tetap gratis. Imunisasi ini memberikan banyak manfaat kesehatan bagi anak yang diberikan vaksin MR. Diantaranya bisa menghindarkan anak dari cacar, rubella, kelainan jantung, kebutaan, otak kecil, cacat bawaan lain (cacat permanen) dan lainnya.

“Para orang tua yang anaknya belum imunisasi MR bisa datang ke puskesmas, tidak ada pembayaran apapun, tetap gratis dan stok vaksin masih banyak,” jelasnya.

Baca:  Ratusan Baleho Tak Berizin Segera Ditertibkan

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan kampanye di sekolah, Puskesmas dan kecamatan yang tersebar di Kota Palembang. “Sampai hari terakhir ini kita tetap datangi sekolah khususnya petugas kesehatan puskesmas. Untuk kedepannya dilanjutkan atau tidak, kita masih menunggu keputusan,” terangnya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MEDCO PEDULI SENTUH PENANGANAN PSIKOSOSIAL

Jakarta, BP Medco Peduli terus membantu para korban gempa bumi dan tsunami Kota Palu, Sigi dan Donggala. Sejak awal bencana, ...