Home / Headline / Revitalisasi Ormas Islam untuk Meningkatkan Persatuan

Revitalisasi Ormas Islam untuk Meningkatkan Persatuan

BP/DUDY OSKANDAR
Suasana silaturahmi Unsur Pimpinan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Ormas Islam dengan tema ” Revitalisasi Ormas Islam dalam Menjaga Keutuhan NKRI” di gelar di Griya Agung Palembang, Selasa (30/10).

Palembang, BP

Silaturahmi Unsur Pimpinan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan Ormas Islam dengan tema ” Revitalisasi Ormas Islam dalam Menjaga Keutuhan NKRI” di gelar di Griya Agung Palembang, Selasa (30/10).

Turut hadir Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan,  Kapolda, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara,  Ketua MUI Sumsel Prof. Dr. Aflatun Muchtar disertai unsur Forkopimda se Sumsel.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Irwan. Dalam pemaparan tersebut, Pangdam mengungkapkan pentingnya revitalisasi Ormas Islam untuk meningkatkan persatuan. “Berorganisasi adalah untuk kepentingan bersama bukan kepentingan golongan. Jangan sampai terkotak-kotak, karena akan mengancam persatuan dan kesatuan NKRI”

Baca:  Mengenal Makanan Khas Palembang

“Kita harus kembali ke koridor Pancasila dan UUD 1945 dengan menjaga solidaritas sosial dan toleransi beragama,” tambah Jenderal bintang dua kelahiran Padang tersebut.

Senada dengan yang dituturkan Mayjen TNI Irwan dalam pemaparan, Ketua MUI Prof. Dr. Aflatun Muchtar juga menguatkan dengan beberapa pendapat. “Islam adalah mayoritas di Indonesia sehingga peran umat Islam sangat penting, termasuk ormas-ormas Islam yang ada untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Islam adalah agama rahmat seluruh alam sehingga umat Islam harus bergaul dengan siapa saja sehingga melahirkan toleransi dan menghormati antar sesama manusia,” kata Prof. Dr Aflatun Muchtar pada sesi pemaparan kedua.

Baca:  Jelang Puasa Dan Idul Fitri Stok Beras Aman

Pemaparan ketiga dibawakan oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. Dalam pemaparan jenderal bintang dua polisi lulusan Akpol 1985 tersebut, terdapat statement yang menguatkan pemaparan pertama dan kedua.

“Indonesia sudah melengkapi syarat sebagai negara yang maju, yakni memiliki daerah yang luas, penduduk yang banyak. Hanya saja SDM yang ada perlu dikelola dengan lebih baik. Umat Islam sebagai mayoritas di Indonesia jangan mau diadu domba. Jangan ada ideologi seperti Khilafah yang berniat menggantikan Pancasila karena hasilnya nanti akan seperti Syiria yang hingga kini berkutat pada konflik,” katanya.

“Apalagi saat ini adalah tahun-tahun politik. Jangan mau dipecah belah dengan kabar-kabar hoax yang dapat merusak persatuan di antara kita. Jangan menggunakan black campaign, politik identitas/politisasi SARA menjelang Pemilu 2019 yang sangat rawan ancaman memecah belah persatuan, serta waspadai potensi infil

Baca:  Aksara Kaganga Tradisi Tulis yang Kurang Dilestarikan

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar ormas di Sumatera Selatan, serta lebih meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan jajaran ormas di Provinsin Sumsel. Juga sebagai upaya perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pada kesempatan tersebut Deru berharap  kepada ormas untuk dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah, mengatasi berbagai kendala dan hambatan, serta permasalahan yang ada di Sumsel.

“Marilah kita terus berkiprah sesuai dengan bidang konsentrasinya masing-masing, dalam memberikan sumbangsih terbaiknya kepada masyarakat Sumsel.” Katanya.

Selanjutnya memasuki acara inti dari kegiatan tersebut dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan menampilkan narasumber Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Sumsel. #osk

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...