Home / Headline / DPRD Sumsel Berikan Alternatif Dana Perbaikan JSC

DPRD Sumsel Berikan Alternatif Dana Perbaikan JSC

BP/DUDY OSKANDAR
Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Sutikno

Palembang, BP

Kerusakan sejumlah venue di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) akibat hantaman puting beliung beberapa waktu lalu, ternyata benar-benar parah. Namun disisi lain anggaran perbaikannya belum jelas.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Sutikno mengatakan ,  untuk perbaikan lokasi rusak akibat angin puting beliung di kawasan JSC harus jelas dulu status bangunanya, karena  JSC itu ada milik  kabupaten kota , ada milik pusat, ada milik provinsi  dan ada milik badan usaha milik  daerah PT JSC .

“ Jadi lingkupnya dimana ,  jadi tidak bisa di generalisir, kalau yang di LRT masih pemerintah pusat, yang taman kota otomatis yang biayai pemerintah kota ,  jadi yang di bicarakan ini konteknya yang mana  harus jelas dulu,” katanya, Senin (29/10).

Baca:  Bawaslu Menangkan Gugatan PBB, Langsung Lakukan Penguatan

Kalau stadion JSC yang memperbaikinya menurut politisi PPP ini adalah PT JSC, kalau eks Asian Gamesn kemarin , seperti dana milik pemerintah pusat  dan belum diserahkan ke Provinsi.

Jika pihak Pemprov Sumsel akan memperbaiki asset miliknya yang ada di JSC menurutnya bisa menggunakan anggaran biaya tak terduga dari  Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Sumsel  untuk recovery , perbaikan asset-aset milik Pemprov Sumsel.

“ Jangan nanti rancu, kalau milik JSC , enggak bisa menggunakan dana APBD Sumsel, karena  PT  JSC hanya mengelola kekayaan  kekayaan daerah yang sudah di pisahkan , maka dia harus dari RAKP perusahaan tersebut, tapi untuk asset daerah  yang masih tercantum dalam neraca daerah bisa di gunakan , kalau memang  urgen dan harus benar-benar diganti  atau diperbaiki segera  karena menyangkut hajat orang banyak oke  boleh ABT atau boleh juga menggunakan anggaran yang ada di SKPD  tertentu itu  yang tidak mungkin  dikerjakan untuk tahun ini,” katanya.

Baca:  Moto Kota Palembang Bakal Diganti

         Sedangkan mengenai stasiun LRT di Jakabaring yang rusak akibat puting beliung menurutnya,  belum selesai serah terima LRT dari pusat ke Pemprov Sumsel,  sehingga tidak mungkin di perbaiki dengan APBD.

Menurutnya JSC milik Pemprov Sumsel  namun yang mengelola JSC dibentuk badan usaha yang dulu namanya  Badan Pengelola   Aset Daerah  yang mengelola JSC ,  sekarang sudah di bentuk perusahaan daerah , bentuknya PT, Jakabaring Sport City yang fungsinya itu mengelola, memanfaatkan , menggunakan asset-aset dalam JSC yang sudah terpisah dari kekayaan daerah yang dikeluarkan dari neraca daerah kemudian di imbrengkan menjadi  modal daerah pada Perusahaan  PT JSC itu.

“ Jadi dia tidak membebani APBD lagi  untuk pemeliharaan dan perawatan , dia mendapatkan masukan dari  pemanfaatannya , bisa sewa, bisa tiket, bisa parkir  dan sebagainya dan terakhir keuntungannya juga pemerintah  tidak lagi harus ada PNS disana , yang berkerja disana, semua menjadi badan usaha milik daerah  yang bentuknya PT,” katanya.

Baca:  PPP Sumsel Tak Khawatir Muncul Partai Baru

       

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  Herman Deru memastikan untuk perbaikan tersebut pihaknya seminimal mungkin menggunakan dana APBD .

“Kita harapkan BUMN  yang juga dulu berkontribusi  membangun ini, kementrian  juga membantu bangunan ini  untuk bersama, karena saya targetkan  sebelum berganti tahun sudah  bisa di gunakan lagi,” kata Gubernur usai rapat koordinasi pelaksanaan restorasi gambut Provinsi Sumatera Selatan di The Zuri Hotel Palembang, Senin (29/10). Termasuk akan mengansuransikan venue yang ada di JSC.

      Pihaknya menghindari jangan sampai masyarakat menganggap bangunan itu seperti dekorasi pesta saja, setelah pesta  menjadi rusak.

“Segera akan kita atasi, “ katanya.osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Koleksi 29 Emas, Alang-Alang Lebar Pimpin Klasmen Porkot Sementara

Palembang, BP Persaingan perebutan juara umum pada perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) X yang digagas oleh KONI Kota Palembang pada ...