Home / Headline / Musikalisasi Puisi Masukkan judul disini Enter subtitle heremanda Maida Lamhati Gabungkan Seluruh Unsur

Musikalisasi Puisi Masukkan judul disini Enter subtitle heremanda Maida Lamhati Gabungkan Seluruh Unsur

BP/Dudy Oskandar
Amanda Maida Lamhati  melauncing puisinya yang dirangkum dalam buku Antologi Puisi : Perahu Tak Lagi Kutambatkan melalui pentas antologi dan album musikalisasi puisi bersama iir Stoned yang diadakan di Auditorium RRI Palembang, Jalan Radio, 20 Ilir Kota Palembang, Sabtu (27/10).

Palembang, BP

Amanda Maida Lamhati  melauncing puisinya yang dirangkum dalam buku Antologi Puisi : Perahu Tak Lagi Kutambatkan.

Amanda M.L., kenalkan beberapa karyanya melalui pentas antologi dan album musikalisasi puisi bersama iir Stoned yang diadakan di Auditorium RRI Palembang, Jalan Radio, 20 Ilir Kota Palembang, Sabtu (27/10).

Pagelaran ini terlaksana atas kerjasama berbagai pihak diantara Lembaga Budaya Ulu Melayu, Dewan Kesenian Palembang, RRI, Hutan Tropis Band, dll.

Vebri Al Lintani,  Ketua Dewan Kesenian Kota Palembang berpandangan, pementasan album musikalisasi puisi Amanda Maida Lamhati ini menggambarkan sebuah pertunjukkan menggabungkan seluruh unsur atau multidimensi.

Baca:  DPRD Sumsel Temukan 2 Ribu Ton Beras Tak Layak Makan Di Gudang Bulog OKUT

“Anda bisa bayangkan betapa dahsyatnya ketika musik dan puisi melebur menjadi satu tubuh. Ada audio, visual, musik, gerak tubuh, dekor yang luar biasa. Dan, penonton pun diajak menikmati pengalaman pribadi sang penyair. Saya kira kita patut mengapresiasi buah karya nyata Amanda Maida Lamhati,”  kata Vebri.

Dan, ia sepakat, khalayak bisa saja ‘menerjemahkan’ sebuah karya puisi. Namun, taklah semua orang dapat menyelami siapa itu seniman.

“Kalau di sekolahan, Amanda Maida Lamhati ini biasa disapa Fir Azwar. Kecintaannya di dunia sastra tak perlu diragukan. Bila membaca sejarah hidupnya dari sekolah di sebuah dusun, berkuliah di kota, hingga jadi kepala sekolah. Banyak hal yang ia renungkan.  Proses merenung itu tersimpan terang dalam karya-karya puisinya. Makin dalam seseorang merenung, semakin dalam pula kualitas karyanya,” Vebri coba menganalisa.

Amanda KL mengatakan, bahwa sejak dulu, dirinya memang telah memiliki kegemaran dalam menulis sebuah puisi. Sejak SMP saya memang sudah suka menulis puisi, hingga saat ini puisi saya telah berjumlah 500 lebih. Judul puisi pertama yang kubuat tahun 1983 yaitu layang-layang.

Terkait antologi dan album musikalisasi puisi ‘Perahu Tak Lagi Kutambatkan’, mengatakan bahwa sahabat2 dari Dewan Kesenian Palembang (DKP) dan Lembaga Budaya Ulu Melayu (LBUM) lah yang menawarkan untuk membukukan kumpulan puisi karyanya serta menjadikan musikalisasi sebagian puisinya.

Baca:  Operasi Gaktib Dan Yustisi POM TNI 2018 Digelar

“Saya awalnya ditawarkan para sahabat dari DKP dan LBUM, dan akhirnya saya setuju, dari 500 lebih semua puisi saya tersebut, diambil 120 puisi yang dijadikan buku kumpulan puisi atau antologi puisi, dan 5 nya menjadi lagu atau musikalisasi puisi, salah satunya menjadi lagu seperti Perahu Tak Lagi Kutambatkan,” katanya dengan ramah.

Baca:  Data C1 KPU Palembang Lambat Masuk di Aplikasi Situng

Sementara, salah seorang seniman Palembang, Iir Stoned yang terlibat dalam pengembangan musikalisasi puisi di album ‘Perahu Tak Lagi Kutambatkan’ mengatakan bahwa, dirinya memiliki kesulitan sendiri dalam menjadikan sebuah karya seni puisi menjadi sebuah karya musik (musikalisasi puisi).

“Sebenarnya berat juga, karena saya sendiri juga harus memahami dahulu makna dari puisi itu, karena kalau saya tidak memahami dahulu makna puisi itu, mugkin akan menjadi mengarang-ngarang,” jelasnya.

Musisi kota Palembang tersebut juga mengungkapkan, lagu-lagu musikalisasi puisi tersebut sebelumnya sengaja diambil melalui intonasi puisi hingga kemudian terciptalah sebuah musikalisasi puisi. “Karena setiap kata-kata itu ada melodi, ada intonasi dan ketukan-ketukan. Jadi kita ambilnya dari situ,” pungkasnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...