Home / Headline / Tangkal DBD di Musim Hujan dengan “Fogging”  

Tangkal DBD di Musim Hujan dengan “Fogging”  

BP/IST
Personel Rescue Perindo melakukan pengasapan atau fogging di permukiman Kota Palembang beberapa waktu lalu.

Palembang, BP

 Rescue Perindo semakin gencar melakukan pengasapan atau fogging di permukiman-permukiman di Kota Palembang dan sekitarnya. Langkah ini guna mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti yang berkembang biak di genangan air seiring curah hujan yang meningkat.

 

Apalagi, Kota Palembang merupakan dataran rendah yang memiliki banyak saluran air dan anak-anak sungai. Ditambah cuaca panas dan lembap, dapat memacu pertumbuhan dan berkembangnya telur menjadi jentik lalu menjadi nyamuk dewasa.

 

“Masyarakat wong kito perlu waspada dan bersama-sama menangkal bahaya DBD. Kita bersihkan lingkungan, fogging dan kenali karakter lingkungan tempat tinggal,” kata Ketua DPW Partai Perindo Sumsel Febuar Rahman di Palembang, Kamis (25/10).

Baca:  Peringatan Milad Ke- 352 Tahun Kesultanan Palembang Darussalam Berlangsung Hikmad

 

BP/IST
Personel Rescue Perindo melakukan pengasapan atau fogging di permukiman Kota Palembang beberapa waktu lalu.

Kegiatan fogging dilakukan oleh Rescue Perindo sebagai organisasi sayap bidang penanggulangan bencana dan tanggap darurat. Di lapangan, pengasapan juga melibatkan orsap lainnya dan para caleg Perindo.

 

Masyarakat juga dapat meminta fogging gratis kepada Perindo yang disertai surat dari pengurus lingkungan seperti RT dan RW. Personel Rescue lalu akan menjadwalkan dan segera turun ke lokasi permukiman. Di musim hujan, fogging semakin intensif dan hampir dilakukan tiap akhir pekan.

 

Lokasinya pun tersebar seperti beberapa waktu lalu di kawasan Sekip. Warga antusias dan mengapresiasi aksi ini. Ketua RT 40, H Senin mengatakan, lingkungan mereka selama ini memang rawan DBD dan bahkan sejumlah warganya sudah terkena DBD. “Tentu kami terima kasih, karena ini sangat membantu melindungi warga kami di sini,” ujarnya.

Baca:  PMMD Sumsel Buka Posko Mudik

 

Pengasapan juga dilakukan di kawasan Palembang lainnya, tepatnya Jalan Dr M Isa, Lorong Bendung Jaya, Kelurahan Kuto Batu, Ilir Timur III. Sebanyak 200 rumah mendapat pengasapan dari para personel berbaju khas Rescue Perindo.

 

Masih pada pekan yang sama, pengasapan dilakukan di di Jalan Mayor Zen, Lorong Mufakat, RT01/RW02, Palembang atas permintaan warga. Tokoh masyarakat setempat, Ali mengatakan, pihaknya sengaja meminta bantuan Perindo untuk membasmi nyamuk DBD, karena menurut informasi teman-teman di RT lain, Rescue Perindo sangat sigap dalam hal ini dan gratis. “Tidak lama setelah kami hubungi, tim Perindo langsung turun melakukan penyemprotan,” ungkap Ali.

Baca:  Kampanye Akbar dengan Wali, Pasangan Musi Fokus Empat Program

 

Dia mengatakan, masyarakat sangat terbantu dengan kegiatan ini, setidaknya tidak terlalu khawatir lagi ada jatuh korban yang harus dirawat karena DBD. “Semoga korban tidak bertambah lagi dan kami ucapkan terima kasih pada Perindo yang telah turun membantu,” katanya.

 

Ketua Litbang dan IT Rescue Perindo Sumsel, Ahmad Mada Taufik mengatakan selain lingkungan seperti drainase dan halaman, pengasapan juga di dalam rumah warga sehingga diharapkan tidak ada lagi nyamuk yang bersembunyi.

 

“Kami juga edukasi dengan warga bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat, menguras dan menutup tempat penampungan air. Mengubur barang bekas yang dapat menampung air,” ucapnya.

 

Fogging ini merupakan program nasional Partai Perindo yang juga dilakukan di seluruh Indonesia. Diharapkan, dengan kualitas kesehatan yang terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya, aktivitas masyarakat terus meningkat termasuk anak-anak usia sekolah.#osk

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

569 Napi Lapas Muaraenim Dapat Remisi

Muaraenim, BP–Sebanyak 569 narapidana (napi), warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaraenim mendapatkan remisi pada HUT RI ke ...