Home / Headline / Siska Marleni Berharap Penertiban APK Adil Dan Profesional

Siska Marleni Berharap Penertiban APK Adil Dan Profesional

BP/Dudy Oskandar
Anggota DPD RI  Siska Marleni

Palembang, BP

Anggota DPD RI  Siska Marleni  mengaku, mendapatkan perlakuan yang kurang profesional yang dilakukan jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di bawah.

Siska berharap pengawas pemilu dalam melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) bisa berlaku adil dan profesional.

“Kemarin ada kegiatan penertiban APK disalah satu zona dapil Kabupaten Banyuasin, ada beberapa alat peraga ditertibkan.”

“Setelah klarifikasi bukan salah dipihak kita, tapi yang nertibkannya,” kata Siska Marlenidi usai Deklarasi Kampanye Bermartabat di Hotel Horison Ultima Palembang, Kamis (25/10).

Menurut calon anggota DPD RI periode 2019-2024 ini, ia sendiri mengaku selalu mengingatkan kepada timnya untuk mengikuti aturan yang berlaku sesuai PKPU 23 tahun 2018 tentang kampanye.

Baca:  Anggaran Perbaikan Jalan Perlu Pemerataan

Namun nyatanya, APK miliknya masih dilakukan penertiban yang dirasa tidak adil.

“Itu bisa dipertanyakan kinerja teman- teman Bawaslu agar ke depannya lebih adil,”

“Apakah yang terkait ada kesan pembiaran tapi disisi lainnya ada berkelanjutan. Sehingga dirasa tidak adil ada diskriminasi,” jelasnya.

Ditambahkan Siska, adanya penertiban APK sembarang oleh pengawas pemilu, diharapkan tidak boleh terulang kembali kedepannya.

Sebab ini akan berpengaruh terhadap legitiminisasi Bawaslu sebagai institusi, berhak menangani masalah penyelenggara pemilu.
Kita mendukung dan bersinergi dalam menunjang tugas Bawaslu, sehingga harapannya tadi, pemilu yang adil dan kampanye bermartabat bisa tercapai.”

Baca:  Kebudayaan Tidak Masuk Dalam RPJMD Sumsel 2019

“Karena tidak mungkin, hanya Bawaslu sendiri, tapi juga perlu terus meningkatkan kinerjanya,” jelasnya.

Dilanjutkan Siska, dirinya mendorong penyelenggara pemilu agar profesional demi demokrasi berjalan baik dan nantinya menghasilkan wakil rakyat yang diharapkan.

“Karena kami sebagai peserta pemilu tidak ingin ada pembiaran atau sesuatu yang tidak adil, dan diakrimanasi dalam penerapan aturan penyelenggaran pemilu khususnya tahapan,” tandasnya.

Sementara ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto menerangkan, pihanya meminta kepada peserta pemilu untuk mentaati aturan terkait pemasangan APK.

Baca:  D'Matto Millennial Art Miliki Spot Foto 3 Dimensi dan Rumah Terbalik

Sebagaimana harapan Bawaslu Sumsel di acara deklarasi kampanye bermartabat yang diselenggarakan hari ini.”

“Peserta pemilu diharapkan segera menyampaikan desain APK kepada KPU Sumsel agar bisa segera difasilitasi, dan dapat menambah pemasangan APK sebagaimana desain yang sudah disetujui KPU Sumsel,” ujarnya.

Berdasarkan aturan yang ada, calon memasang alat peraga kampanye tanpa ada foto dan nomor urut, maka hal itu tetap dibolehkan, selama belum ada titik pemasangan APK.

“Selama tidak mencantumkan foto dan nomor urut secara kumulatif, maka diperbolehkan,” pungkasnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...