Home / Bisnis / Potret Perjuangan Sumarni Tekuni Usaha Bakso, Hingga Omset Menanjak Berkat Pinjaman BSB Syari’ah

Potret Perjuangan Sumarni Tekuni Usaha Bakso, Hingga Omset Menanjak Berkat Pinjaman BSB Syari’ah

BP/Syairul

Pemilik Bakso Murni, Sumarni (48) menceritakan kisah usaha Basksonya yang sudah 30 tahun berdiri, tetap laris dan kini omset bertambah. BP/Syairul

Palembang, BP

Pelaku usaha Bakso Murni di Jalan Bambang Utoyo seberang SMP Negeri 4 tetap menjadi pilihan pelanggan sejak 30 tahun silam. Resepnya, Bakso Murni tetap menjaga kualitas rasa dan melakukan penambahan permodalan guna mendorong omset lebih tinggi.

Pemilik Bakso Murni, Sumarni (48) mengatakan, pelanggan saat ini adalah kebanyakan pelanggan lama, mereka yang dahulunya masih bersekolah, kini rutin datang meski telah sukses dan berkerja di berbagai perusahaan.

“Allhamdulillah, mereka yang dahulunya masih sekolah, masih banyak yang datang dan kembali lagi ke sini hanya untuk merasakan Bakso Murni, dan ini tentunya sebuah kebanggan,” kata ibu ini sambil melayani pembeli, Rabu (24/10).

Dia mengatakan, tak banyak trik yang dirinya lakukan agar pelanggan bisa terus datang. Sejak awal buka tahun 1988, dirinya tetap mempertahankan kualitas rasa dan layanan yang apa adanya.

“Tempo hari atap bocor termakan usia, dan pelanggan kurang nyaman jika hujan datang, dana untuk perbaikan sebenarnya ada namun tingginya kebutuhan anak sekolah, mengharuskan untuk melakukan pinjaman, agar permodalan tetap terjaga,” katanya.

Sumarni kemudian mendapatkan tawaran pinjaman syari’ah, sebesar Rp20 juta dari Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Palembang. Tanpa pikir panjang dirinya pun melakukan pinjaman dana apalagi saat itu pinjaman tersebut tanpa agunan.

“Saya melakukan pinjaman di BSB Syariah karena memang ingin memperkuat modal agar usaha tetap jalan, dan masih bisa membiayai anak sekolah dan ini menjadi solusi terbaik saat itu, dan Allhamdulillah omset naik sekitar 20 persen,” katanya.

Dia mengakui, banyak pinjaman lain di perbankan, namun BSB Syariah dipilih karena layanannya lebih baik. Sehingga, selain nyaman menjalankan usaha, juga nyaman dalam urusan pembiayaan.

“Untuk penghasilan bersih mungkin bisa sampai Rp150 ribu per hari dan sudah pasti naik turun. Namun, Allhamdulillah masih terbilang stabil dari dulu hingga sekarang, 5 kg daging dan 4 kg telor selalu habis,” katanya.

Tidak hanya bakso, sumarni juga mengkombinasikan usaha dengan mi ayam dan gado-gado. Dirinya bersyukur hingga saat ini, diberikan kesehatan guna mencari nafkah untuk kebutuhan keluarga.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang Fitrianti mengatkan, pihaknya juga merasakan hal yang sama dengan pelaku usaha tersebut. Selain membiayai usaha secara Syariah, pihaknya pun juga terpacu semangat melihat modal usaha digunakan secara produktif.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Syariah Palembang Fitrianti

“Kami bersyukur bisa membantu para pelaku usaha terutama sektor mikro ini meraih keberhasilan, selain pedagang seperti bakso ini, juga ada pedang pempek, konter hape dan usaha lainya yang juga meraih kesuksesan,” katanya.

Untuk pinjaman mikro ini pihaknya menyediakan tenor hingga tiga tahun tanpa agunan dengan pinjaman Rp5 juta hingga Rp20 juta. Permohonan pinjaman bisa datang langsung ke Kantor Bank Sumsel Babel Syariah Jalan Letkol Iskandar Nomor 537 depan Palembang Indah Mall atau ke 0711377774. #ren

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gaet Konsumen Dijamannya, The Sultan Hadirkan Kahitna

Palembang, BP PT Sultan Syalwa Group kini akan meresmikan The Sultan Convention Center di Palembang pada 11 November mendatang. Opening ...