Home / Palembang / 1.963 Pendaftar CPNS Palembang Tak Lulus Verifikasi

1.963 Pendaftar CPNS Palembang Tak Lulus Verifikasi

Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa

Palembang, BP — Minat pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Palembang tergolong besar. Hingga penutupan pendaftaran 15 Oktober lalu, tercatat ada 14.059 orang yang mengakses website untuk mencapftar menjadi PNS Palembang. Hanya saja, beragam kendala yang menyebabkan 1.963 orang tidak lulus verifikasi.

Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, banyak hal menyebabkan pendaftar tidak lulus verifikasi panitia pusat dalam hal ini Badan Kepsgawaian Negara (BKN) dalam pendaftarannya.

Baca:  Dari 2804 TPS, 141 TPS Di Palembang Butuh Ekstra Pengamanan

“Ada 14.059 pendaftar, tapi yang mengupload berkas ke aplikasi SCCN sejumlah 13.370. Dari jumlah itu yang memenuhi syarat ada 11,407 orang dan yang tidak memenuhi syarat ada 1.963 orang,” katanya, Minggu (21/10).

Ratu Dewa mengatakan, setelah masuk ke website sscn.bkn.go.id, banyak pendaftar yang tidak mengupload berkas yang disyaratkan. Seperti tidak upload KTP, tidak upload ijazah asli, masa berlaku STR tidak berlaku lagi, IPK tidak mencukupi, lamaran yang tertuju tidak sesuai dengan instansi yang diinginkan, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan formasi.

“Dari jumlah pelamar yang mengupload berkas, ada 1500 pelamar yang tidak lulus verifikasi. Hal ini bisa menjadi pelajaran, bahwa pendaftaran CPNS ini harus dilakukan dengan teliti,” jelasnya.

Baca:  Palembang Basis Kemenangan Pasangan Dodi-Giri

Ia menambahkan, jika jadwal tidak berubah lagi, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan pada 5 November mendatang di gedung Jakabaring. Namun penentuan tempat ini diputuskan oleh BKN Kantor Regional VII. Sehingga para pelamar bisa melihat pengumumannya lewat situs resmi BKN.

“Test SKD nantinya menggunakan sistem CAT (Computer Asissted Test),” ujarnya.

Pada penerimaan CPNS Tahun 2018 ini, Kota Palembang mendapatkan formasi 789 orang. “Jumlah formasi tetap dari jumlah tersebut, formasi untuk K2 ada 24 orang. Formasi guru 480 orang diantaranya untuk lulusan cumlaude 20 orang dan guru 460 orang,” katanya.

Baca:  2017, WCC Palembang Dampingi 187 Kasus

Kesehatan 214 orang diantaranya lulusan cumlaude 13 orang dan kesehatan 201 orang. Kemudian formasi untuk tenaga teknis ada 71 orang, diantaranya lulusan Cumlaude 3 orang, disabilitas 8 orang dan tenaga teknis 60 orang.

Penerimaan CPNS tersebut terbuka untuk umum, bahkan untuk warga luar kota bisa mengikuti asal sesuai dengan persyaratannya. Proses seleksi nantinya akan diawasi dengan ketat oleh pihak BKN. “Dimana, pemerintah daerah tidak dapat berbuat apa-apa, termasuk bermain dalam proses seleksi,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Air Valve PDAM Dicuri, 5.000 Pelanggan Terganggu

Palembang, BP — Air Valve milik PDAM Tirta Musi Palembang yang terletak di Jalan P.S.I Lautan Simpang Kebon Kelurahan 32 ...